Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ditargetkan Rampung 2024, Jalan Tol Balikpapan ke Kawasan IKN Nusantara Pangkas Waktu Tempuh Jadi 30 Menit

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 24 Februari 2023 | 13:30 WIB
Presiden Jokowi tinjau pembangunan Jalan Tol dari Balikpapan ke Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Dok.Kementerian PUPR
Presiden Jokowi tinjau pembangunan Jalan Tol dari Balikpapan ke Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

GridOto.com - Pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bisa memangkas waktu perjalanan, awalnya sekitar dua jam menjadi hanya 30 menit.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat meninjau pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kalimantan Timur.

"Jalan tol dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN yang jaraknya kurang lebih 50-an km dapat ditempuh kurang lebih 30 menit. Dari Balikpapan sudah berjalan di lapangan, bisa kita lihat," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis yang dikutip GridOto.com, Jumat (24/02/2023).

Presiden Jokowi menyampaikan, proyek Jalan Tol IKN yang saat ini sudah berjalan ada tiga segmen, yaitu Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km.

Kemudian Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepaanjang 7,32 km dan Segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

"Jalan tol ini InshaAllah akan diselesaikan pada akhir 2024," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi tinjau pembangunan Jalan Tol dari Balikpapan ke Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden berpesan agar pembangunan jalan bebas hambatan tersebut tetap berprinsip terhadap konsep yang ditetapkan secara bersama dalam pembangunan IKN yaitu kota hutan dan kota pintar (smart forest city).

"Paling penting yang selalu saya ingatkan untuk yang di lapangan adalah berkaitan dengan lingkungan, karena konsep kota yang ingin kita hadirkan di Ibu Kota Nusantara adalah konsep lingkungan," jelas Jokowi.

Baca Juga: Proyek Jalan Tol Bawah Laut IKN Belum Digarap, Masih Tahap Studi Dulu

"Sehingga sekecil apapun yang berkaitan dengan lingkungan itu harus diperhatikan. Kalau ada yang berkaitan dengan lingkungan tidak diperhatikan, saya pastikan akan saya tegur," sambungnya.

Terkait dengan isu lingkungan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan agar terus tetap memperhatikan aspek lingkungan dalam seluruh tahapan proses pembangunan IKN.

"Pekerjaan IKN ini bukan hanya pekerjaan teknik, tapi juga art works. Jangan sembarangan memotong pohon, karena waktu pekerjaannya pendek. Lahan yang terbuka dan tidak tersentuh konstruksi lagi harus segera ditanami kembali," ucap Basuki.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa