Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wacana Jalan Tol Tuban-Gresik Digaungkan, Pemkab Lamongan Minta Tambah Satu GT Lagi

Ruditya Yogi Wardana - Senin, 20 Februari 2023 | 19:33 WIB
Ilustrasi. Pemerintah sudah mewacanakan ada proyek Jalan Tol Tuban-Gresik.
Dok. PT Wika Serang Panimbang
Ilustrasi. Pemerintah sudah mewacanakan ada proyek Jalan Tol Tuban-Gresik.

GridOto.com - Wacana proyek Jalan Tol Tuban-Gresik, Jawa Timur yang digaungkan Pemerintah mendapat sambutan baik dari sejumlah pihak.

Mengingat Jalan Tol Tuban-Gresik direncanakan punya panjang 73 Km dan melintasi tiga wilayah di Pantura, salah satunya Kabupaten Lamongan.

Dari total panjang tadi, diperkirakan ada sepanjang 37,8 Km konstruksi Jalan Tol Tuban-Gresik yang melintang melewati Kabupaten Lamongan.

Dengan adanya wacana ini, tentunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan tertarik dan memberikan usulan, yakni penambahan simpang susun atau gerbang tol yang terhubung ke Jalan Sukodadi-Paciran.

Usulan tersebut muncul lantaran Pemkab Lamongan ingin menghubungkan akses dari Jalan Arteri Surabaya-Lamongan-Widang-Tuban dengan Jalan Raya Daendels di wilayah Selatan.

Tak cuma sampai situ, akses GT ini juga bisa mendukung pengembangan Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Makam Sunan Drajat, industri pengolahan hasil perikanan, Tempat Pelelangan Ikan Brondong, Lamongan Integrated Shorebase, Pelabuhan ASDP, industri perkapalan serta titik-titik penting lainnya.

"Kami ada beberapa usulan terkait proyek jalan tol, mengingat wilayah kami sedang bertumbuh di bidang industri dan ada potensi wisata yang luar biasa di wilayah Utara," jelas Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, dikutip dari Surya.co.id, Minggu (19/02/2023).

Lanjutnya, GT yang terhubung ke ruas Jalan Sukodadi-Paciran itu nantinya juga bisa mendukung potensi lain yang dimiliki Lamongan.

Jadi tidak heran, Pemkab Lamongan sampai mengirimkan surat usulan terlebih dahulu ke pihak-pihak terkait.

"Pada diskusi bersama Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Reni Ahiantini dan tim proyek, saya usulkan pergeseran akses simpang susunnya," kata Yuhronur.

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Surya.co.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa