Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Catat, Mulai Tanggal Segini Lokasi Putar Balik Depan Gerbang Tol Karawaci 4 Ditutup

M. Adam Samudra - Sabtu, 11 Februari 2023 | 09:30 WIB
U-turn depan Tol Karawaci 4 bakal ditutup
Jasa Marga
U-turn depan Tol Karawaci 4 bakal ditutup

GridOto.com - Mulai tanggal 18 Februari 2023, atas diskresi kepolisian lokasi putar balik depan Gerbang Tol Karawaci 4 jalan Tol Jakarta-Tangerang ditutup pukul 00.00 WIB.

Aturan tersebut sejalan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol pada Pasal 6 Ayat 1 poin (a) bahwa Jalan tol harus mempunyai spesifikasi tidak ada persimpangan sebidang.

Hal ini seperti disampaikan oleh Pgs Senior Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad Aprimon.

“Saat ini lokasi putar balik di depan GT Karawaci tersebut dilintasi oleh kendaraan mobil dan juga motor, padahal lokasi itu sudah masuk bagian dari jalan tol, hal ini bertentangan dengan Peraturan Pemerintah nomor 15 tahun 2005 Pasal 38, bahwa jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih,” ujar Aprimon, Sabtu (11/2/2023).

Menurutnya, penutupan lokasi putar balik ini juga dilakukan sebagai langkah pembatasan kendaraan yang dapat memasuki jalan tol atau akses jalan tol yaitu hanya kendaraan bermotor roda empat atau lebih. 

Aprimon juga menambahkan setelah penutupan lokasi putar balik tersebut, diimbau kepada pengguna jalan dapat menggunakan lokasi putar balik sebelum memasuki area jalan tol.

Gerbang Tol Karawaci 4 akan ditutup

Untuk memastikan pengguna jalan dan masyarakat terinfomasi dengan baik, Jasamarga Metropolitan Tollroad melakukan sosialisasi penutupan lokasi putar balik ini melalui spanduk, Dynamic Massage Sign (DMS), media sosial dan media konvensional.

Baca Juga: Pengerjaan Jalan Tol Cisumdawu Dikebut, Jusuf Hamka Targetkan Dapat Beroperasi Penuh Saat Lebaran 2023

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat penutupan ini.

"Diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan peraturan berkendara dan berlalu lintas," tutupnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa