Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Libur Nataru Belum Rampung, 640 Ribuan Kendaraan Sudah Balik ke Jabotabek, Ini Pantauan di Gerbang Tol Jasa Marga

Harun Rasyid - Kamis, 29 Desember 2022 | 22:00 WIB
Libur Nataru belum usai, Jasa Marga sebut lebih dari 640 ribu kendaraan sudah kembali ke Jabotabek pada 25-28 Desember 2022.
Dok. Jasa Marga
Libur Nataru belum usai, Jasa Marga sebut lebih dari 640 ribu kendaraan sudah kembali ke Jabotabek pada 25-28 Desember 2022.

GridOto.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan 647.897 kendaraan telah kembali masuk ke wilayah Jabotabek selama 25-28 Desember 2022 pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Dalam keterangan resminya, catatan angka kendaraan tersebut didapat dari pantauan di empat ruas gerbang tol (GT) Jasa Marga yakni GT Cikupa dari arah Merak, GT Ciawi arah Puncak, GT Cikampek Utama arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama arah Bandung.

Total volume kendaraan pada libur Nataru yang kembali ke Jabotabek ini, terhitung naik 14,29 persen jika dibanding lalu lintas normal pada periode Juni 2022 dengan total 566.875 kendaraan.

Sementara jika dibandingkan dengan periode libur Nataru 2021, total volume lalu lintas kali ini naik 14,21 persen dengan total 567.295 kendaraan.

Sedangkan jika dibanding dengan prediksi Jasa Marga soal volume lalu lintas libur Nataru 2022 pada periode yang sama, total volume kendaraan tersebut naik sebesar 4,76 persen dengan total 618.474 kendaraan.

Adapun untuk distribusi lalu lintas kendaraan yang kembali ke Jabotabek, mayoritas sebanyak 314.687 kendaraan atau 48,6 persen dari arah Trans Jawa dan Bandung.

Sementara kendaraan yang kembali ke Jabotabek lainnya berasal dari arah Merak sebanyak 184.252 kendaraan atau 28,4 persen dan 148.958 kendaraan atau 23 persen persen dari arah Puncak.

Gerbang tol Kalihurip utama 1
Jasa Marga
Gerbang tol Kalihurip utama 1

Lebih lanjut, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi persiapan perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Langkahya mulai dari memastikan kesiapan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan saat berada di rest area, memastikan kecukupan jumlah BBM dan saldo uang elektronik, serta jangan lupa mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas jalan tol.

Baca Juga: Kelelahan Dalam Perjalanan Libur Nataru, Awas Bahaya Microsleep

Selain itu agar perjalanan aman dan nyaman, jangan lupa juga untuk menjaga etika berkendara selama dalam perjalanan sob.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa