Advertorial

Pengaruhi Konsumsi BBM, Tips Perawatan Mesin Ini Tak Boleh Diabaikan  

Nana Triana - Rabu, 25 Januari 2023 | 11:35 WIB
Ilustrasi seseorang sedang menservice kendaraanya.
Dok. Freepik/Dragen Zigic
Ilustrasi seseorang sedang menservice kendaraanya.

GridOto.com – Sebagai pengguna kendaraan bermotor, konsumsi bahan bakar menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, konsumsi bahan bakar berpengaruh terhadap besar atau kecilnya pengeluaran bulanan.

Oleh sebab itu, sebagian besar pengendara memutar otak untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Tak hanya itu, penggunaan kendaraan bermotor pun berusaha memahami apa saja penyebab kendaraan menjadi boros bahan bakar. 

Selain gaya berkendara, ternyata perawatan kendaraan juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Kurangnya perawatan pada kendaraaan, seperti telat mengganti oli, dapat menyebabkan kendaraan lebih boros bahan bakar.

Kesalahan memilih jenis oli juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Pasalnya, oli yang tidak sesuai akan menyebabkan mesin bisa menjadi mudah overheat, tarikan menjadi berat, dan membuat komponen mesin cepat rusak.

Baca Juga: Jangan Asal Gas, Ini 5 Tips Berkendara agar Sepeda Motor Makin Irit BBM

Beratnya tarikan mesin membuat pembakaran bahan bakar minyak (BBM) lebih banyak dari semestinya. Untuk menghindari berbagai risiko hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Pilih oli dengan tingkat kekentalan yang tepat

Tingkat kekentalan oli mesin menentukan kemampuan pelumas untuk mengalir pada sela-sela komponen mesin. Tingkat kekentalan mesin ditunjukkan oleh nomor Society of Automotive Engineer (SAE). Semakin besar angka SAE mengartikan pelumas yang semakin kental.

Kekentalan oli yang tepat berpengaruh terhadap performa mesin motor. Ketika oli punya kekentalan yang sesuai dengan kebutuhan mesin motor, teksturnya akan lebih stabil, baik di suhu rendah maupun tinggi.

Sedangkan huruf W (Winter) adalah parameter kekentalan oli. Misalnya, pada oli dengan kode 5w-30. Artinya, oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 5w pada suhu dingin, kemudian angka 30 berarti oli mempunyai tingkat kekentalan mencapai SAE 30 pada suhu 100 derajat celcius.

Baca Juga: Supaya Enggak Boncos, Ini Tips dan Trik Berkendara yang Bisa Bikin Irit BBM

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa