Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Jangan Asal Gas, Ini 5 Tips Berkendara agar Sepeda Motor Makin Irit BBM

Nana Triana - Rabu, 14 Desember 2022 | 12:51 WIB
Ilustrasi mengendari sepeda motor.
Freepik/Pornsawan
Ilustrasi mengendari sepeda motor.


GridOto.com - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang boros menjadi salah satu hal yang kerap dikeluhkan oleh pengendara sepeda motor. Terutama, bagi mereka yang mengandalkan sepeda motor untuk mobilitas sehari-hari.

Nah, borosnya BBM ternyata bisa diakibatkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah kebiasaan berkendara yang kurang tepat, seperti buka tutup gas secara mendadak. Selain itu, mengabaikan perawatan kendaraan juga dapat membuat BBM boros.

Oleh karena itu, ikuti tips berkendara ini agar bisa menghemat BBM. 

1. Buka gas secara perlahan

Bukaan gas menjadi hal yang paling menentukan konsumsi bahan bakar. Teknik yang benar dan wajib diikuti adalah "mengurut" atau memutar gas secara perlahan. Selain itu, menjaga kecepatan konstan juga perlu dilakukan. 

"Putaran gas yang stabil dari awal start, jika dipertahankan dan bisa menjaga kecepatan konstan hasilnya konsumsi BBM bisa terjaga. Bukaan throttle yang teratur ECU akan otomatis menyesuaikan data informasi kebutuhan bahan bakar seimbang," kata Jusri seperti dilansir dari Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Baterai Mobil Listrik Panas? Ini Jawabannya *

  1. Teknik pengereman

Selain bukaan gas, teknik pengereman pun wajib untuk diperhatikan. Rem memegang peranan penting dalam keselamatan berkendara. Tetapi salah menggunakan rem bisa berbuntut pada efisiensi bahan bakar.

Ada dua kesalahan umum yang biasanya dilakukan pengendara sehingga konsumsi BBM jadi boros. Pertama, pengendara terlalu sering menekan tuas rem tanpa sadar. Otomatis, putaran roda hampir dua kali lebih berat. Lantas mesin harus bekerja keras untuk mencapai performa yang diharapkan. 

Kedua, kebiasaan rem mendadak. Bila dipahami, memaksa motor berhenti mendadak membutuhkan effort berlebih. Mesin dan rem harus bekerja dalam waktu bersamaan untuk menghentikan laju sepeda motor. 

  1. Rutin cek tekanan angin ban

Sebelum berkendara, usahakan rutin mengecek tekanan angin ban. Pasalnya, motor yang sering dikendarai dapat menurunkan tekanan udara. Belum lagi akibat gesekan ban dengan aspal dan beban kendaraan. 

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa