Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penjualan LCGC Lesu, Konsumen First Time Buyer Kesulitan Beli Mobil Baru

Naufal Shafly - Rabu, 18 Januari 2023 | 13:38 WIB
Ilustrasi Daihatsu Sigra merupakan salah satu LCGC di Indonesia.
Dok.OTOMOTIF
Ilustrasi Daihatsu Sigra merupakan salah satu LCGC di Indonesia.

GridOto.com - Penjualan di segmen Low Cost Green Car (LCGC) saat ini bisa dibilang sudah tidak sebaik dulu, yakni sebelum adanya pandemi Covid-19.

Sebagai gambaran, di tahun 2018 dan 2019 LCGC menyumbang kontribusi sekitar 25 persen dari total penjualan mobil baru di Tanah Air.

Namun, pada 2022 marketnya hanya tinggal 17,8 persen, pada 2021 hanya 16,1 persen dan di 2020 sebesar 21,9 persen.

Terkait penjualan LCGC yang sudah tidak semoncer dulu, Sri Agung Handayani selaku Direktur Marketing dan Corporate Planning PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan analisanya.

Menurut Agung, penjualan di segmen LCGC sangat dipengaruhi oleh konsumen dari kalangan first time buyer, atau orang yang baru pertama kali membeli mobil.

"Tahun 2018 dan 2019, pembeli LCGC dari kalangan first time buyer itu mencapai 90 persen. Ternyata di tahun 2022 sisanya tinggal 70 persen," ucap Agung saat acara media gathering Daihatsu, Selasa (17/1/2023).

"Artinya, selama pandemi Covid-19 kemarin daya beli konsumen first buyer sangat berkurang, karena mungkin passive income mereka dari sektor informal sangat terganggu," lanjutnya.

Berkurangnya daya beli konsumen first time buyer ini, juga dapat dilihat dari pilihan tenor yang diambil saat melakukan kredit.

Agung menceritakan, pada 2018 dan 2019 konsumen yang melakukan kredit LCGC rata-rata mengambil tenor selama empat tahun.

Baca Juga: Rumor Peluncuran Toyota Agya Generasi Terbaru Berhembus Kencang, Bakal Ada Varian Non LCGC?

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa