Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beberapa Wilayah Sudah Terapkan Tilang Manual, ini Kata Korlantas Polri

M. Adam Samudra - Kamis, 12 Januari 2023 | 11:35 WIB
Ilustrasi tilang manual
Sosok.grid.id
Ilustrasi tilang manual

GridOto.com - Di beberapa kota penindakan tilang manual sudah mulai diberlakukan kembali.

Hal ini lantaran angka pelanggaran diwilayah tersebut makin tinggi.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri , Brigjend Pol Aan Suhanan mengatakan, hingga kini pihaknya masih terus menunggu masukan dari stakeholder terkait pemberlakuan kembali tilang manual.

"Mau diberlakukan lagi atau tidak (tilang manual) kita sedang mengevaluasi dan meminta masukan dari para ahli seperti masyarakat dan stakeholder, dari situ kita berikan saran dan masukan ke pimpinan tentang pemberlakuan tilang manual ini," ujar Aan saat ditemui GridOto.com diruang kerjanya, Rabu (11/1/2023).

Menurut pria lulusan Akpol 1988 ini, untuk pelanggaran lalu lintas yang belum tersentuh oleh ETLE juga akan dijadikan pertimbangan tilang manual.

"Yang akan menjadi bahan pertimbangan kita bagaimana kedepannya, yang jelas masyarakat mau ada polisi atau tidak itu tetap patuh terhadap peraturan yang ada," ucapnya.

"Jadi pemberlakuan tilang manual dan tidak  adalah kebijakan pak Kapolri sekitar 3 bulan yang lalu sehingga kita melakukan Operasi Simpatik dengan memaksimalkan ETLE dalam penindakan hukum dibidang lalu lintas dengan sosialisasi kepada masyarakat dan teguran," sambungnya.

Mantan Dirsamapta Korsabhara Baharkam Polri ini juga menjelaskan, sesungguhnya penindakan hukum itu tidak melulu dengan tilang.

"Dengan mengedukasi itu termasuk penindakan hukum, dengan ETLE juga termasuk penindakan hukum, yang penting tujuan dari penegakan hukum adalah kepatuhan masyarakat ini meningkat," tuturnya.

Baca Juga: Puluhan Pemotor di Banyumas Tak Berkutik, Terjaring Tilang Manual Gara-gara Enggak Pakai Helm

Sekadar informasi, sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan instruksi mengenai larangan polisi lalu lintas (polantas) melakukan tilang manual.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa