Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fix Harga Pertamax Cs Mulai Turun Siang ini, Pertamina Beri Alasannya

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 3 Januari 2023 | 13:33 WIB
Harga Pertamax turun
Eka/OtoRace.id
Harga Pertamax turun

GridOto.com - PT Pertamina (Persero) kembali menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamax mulai hari ini 3 Januari 2023 pukul 14.00 WIB.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, pada Selasa (3/1) pagi saat meninjau salah satu SPBU Pertamina di jalan MT Haryono, Jakarta, Selatan.

"Diputuskan hari ini harga Pertamax disesuaikan dari Rp 13.900 per liter menjadi Rp 12.800," ujar Erick dalam keterangan tertulisnya yang diterima GridOto.com, Selasa (03/1/2023).

Lanjut menurutnya, untuk BBM non subsidi lainnya seperti Pertamax Turbo kembali disesuaikan menjadi Rp 14.050 per liter, turun dari sebelumnya Rp 15.200.

Kemudian untuk jenis gasoil atau diesel yaki Dexlite disesuaikan menjadi Rp 16.150 per liter, turun dari sebelumnya Rp 18.300.

Sedangkan Pertamina Dex mengalami penyesuaian menjadi Rp 16.750 per liter dari sebelumnya Rp 18.800.

Erick menambahkan, Pertamina melakukan penyesuaian harga mengikuti tren harga minyak dunia dan harga rata-rata publikasi minyak.

"Pada dasarnya, harga BBM non subdisi sudah seyogya-nya harga pasar, namun untuk membuktikan bahwa pemerintah hadir, maka pada kebijakan sebelumnya ketika harga minyak dunia tinggi pemerintaah meminta Pertamina untuk tidak menaikan harga," ucap Erick.

"Saat ini, ketika harga minyak dunia di level USD 79 per barel, saya bersama Menteri ESDM, Menteri Keuangan dan Direktur Utama Pertamina akhirnya menggelar rapat untuk memproyeksikan dan menentukan harga BBM yang baru ke masyarakat," sambungnya.

Baca Juga: Lengkap, Daftar Harga BBM Pertamina di Indonesia Per 3 Januari 2023

Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau salah satu SPBU Pertamina di jalan MT Haryono, Jakarta, Selatan.
Dok. Pertamina
Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau salah satu SPBU Pertamina di jalan MT Haryono, Jakarta, Selatan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan Pertamina berkomitmen penuh menyediakan dan menyalurkan BBM.

"Melalui subholding Commercial & Trading Pertamina Patra Niaga, kami terus berkomitmen menyediakan pasokan produk BBM berkualitas di seluruh wilayah Indonesia," ucap Nicke.

Selain itu, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, menambahkan pihaknya turut memberikan apresiasi dan keuntungan untuk konsumen yang menggunakan BBM Pertamax dan Dex Series hingga 8 Januari 2023.

khusus pembelian produk Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite minimum Rp 200 ribu menggunakan aplikasi MyPertamina dengan metode pembayaran LinkAja, konsumen berkesempatan mendapatkan cashback Rp 10 ribu," pungkas Alfian.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa