Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Bepergian di Momen Nataru, Menhub Minta Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 23 Desember 2022 | 21:00 WIB
Ilustrasi arus lalu lintas di jalan tol.
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi arus lalu lintas di jalan tol.

GridOto.com - Buat sobat yang ingin bepergian di akhir tahun atau menghabiskan waktu libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) tampaknya harus ekstra berhati-hati.

Sebab, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem yang tidak bersahabat di akhir tahun bersamaan dengan libur Nataru.

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada adanya risiko banjir. Kalau tidak terlalu penting untuk bepergian, sebaiknya rekreasi di Jakarta saja," ujar Budi saat melakukan pemantauan Tol Jakarta-Cikampek, Jumat (23/12/2022).

Lanjut menurut dia, Kemenhub telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menyiapkan sejumlah upaya mengantisipasi terjadinya kepadatan, dan menanggulangi risiko banjir.

Menhub Budi Karya saat melakukan pemantauan Tol Jakarta-Cikampek jelang libur Nataru
Dok. Kemenhub
Menhub Budi Karya saat melakukan pemantauan Tol Jakarta-Cikampek jelang libur Nataru

Salah satunya yaitu membuat gorong-gorong di jalan tol dan melakukan rekayasa pembuatan hujan.
 
Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas, telah disiapkan pemberlakukan manajemen rekayasa lalu lintas seperti one way atau contra flow.

"Korlantas Polri memiliki kewenangan untuk menerapkan rekayasa lalu lintas di lapangan, namun saya minta rekan-rekan kepolisian dalam menerapkan rekayasa lalin juga memperhatikan dampak yang akan terjadi di cabang-cabang jalan lainnya dan juga jalur di arah balik," tambahnya.
 
Terkait dengan momen libur Nataru, sejumlah jalur tol baru yang perlu diantisipasi terjadi kepadatan yaitu Cisumdawu dan Jakarta Cikampek 2.

Selain itu, beberapa titik jalan juga menjadi perhatian sebab berpotensi terjadi banjir, yaitu di Km 136, Km 151, dan jalan nasional di Jembatan Sungai Cipunegara, Subang.  

Baca Juga: Berencana Riding Jarak Jauh saat Libur Nataru? Simak Tips dari Pakar Safety Biar Aman di Jalan

"Jalur tol dari Jakarta sampai ke Semarang kita prediksi akan terjadi kepadatan. Dari pemantauan kami lewat udara, terlihat peningkatan sudah terjadi namun belum ada kemacetan atau lalu lintas yang tersendat," ucap Menhub.

Untuk di daerah wisata, ia meminta pihak kepolisian untuk melakukan pengawasan dan melakukan penegakkan hukum terhadap bus pariwisata yang melanggar ketentuan.

Terakhir, Menhub juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang bepergian menggunakan motor agar berhati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan.

"Sebaiknya jangan melakukan perjalanan lebih dari 100 km. Karena dari statistik menunjukkan kecelakaan jalan tertinggi melibatkan para pengguna motor," pungkasnya.

 

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa