Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menperin Sebut Empat Manfaat Insentif Mobil Listrik dan Motor Listrik, Salah Satunya Buat Tarik Investor

Naufal Shafly - Sabtu, 17 Desember 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi Mobil listrik Wuling Air ev Long Range
Aries Aditya/GridOto.com
Ilustrasi Mobil listrik Wuling Air ev Long Range

GridOto.com - Belum lama ini pemerintah mengumumkan wacana terkait pemberian insentif, untuk pembelian mobil listrik dan motor listrik pada 2023 mendatang.

Insentif ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan mobil listrik dan motor listrik yang masih tergolong rendah, jika dibandinkan kendaraan Internal Combustion Engine (ICE) atau bermesin konvensional.

Menurut Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, setidaknya ada empat manfaat utama dari pemberian insentif mobil listrik dan motor listrik selain meningkatkan penjualan di Tanah Air.

Pertama, Indonesia bisa lebih memanfaatkan sumber daya nikel sebagai bahan baku pembuatan baterai kendaraan listrik.

"Seperti kita ketahui bersama, kita (Indonesia) memiliki cadangan nikel terbesar di dunia dan itu merupakan salah satu bahan baku utama untuk baterai," ucap Agus dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/12/2022).

Manfaat kedua menurut Menperin, adalah penggunaan mobil atau motor listrik dapat membantu mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

"Semakin banyaknya mobil berbasis listrik atau motor berbasis listrik, artinya secara fiskal kita juga akan membantu karena subsidi untuk bahan bakar berbasis fosil atau bensin itu akan semakin berkurang," jelasnya.

Kemudian manfaat ketiga dari insentif ini dapat menarik lebih banyak investasi, khususnya di sektor kendaraan listrik.

Sebab, rencananya pemerintah hanya akan memberikan insentif kepada merek yang sudah memiliki pabrik produksi di Indonesia.

Baca Juga: Update Subsidi Kendaraan Listrik, Insentif Mobil Listrik Rp 80 Juta, Mobil Hybrid Rp 40 Juta, Motor Listrik Rp 8 Juta!

Manfaat terakhir yang akan diterima adalah Indonesia bisa berkontribusi dalam upaya mengurangi karbon emisi dunia.

"Harapannya kita juga sebagai komunitas global sudah bisa memberikan terhadap komitmen kita, komitmen untuk mengurangi karbon," jelas Agus.

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita
Istimewa
Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita


Adapun besaran insentif yang rencananya diberikan pemerintah adalah Rp 80 juta untuk pembelian mobil listrik berbasis baterai (BEV), dan Rp 40 juta untuk mobil hybrid.

Sedangkan untuk pembelian motor listrik, besaran insentif yang akan diberikan sebesar Rp 8 juta dan Rp 5 juta untuk motor konversi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa