Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pertama di Dunia, Inilah Filosofi dan Makna Motif Vespa Batik Special Edition

Muhammad Farhan - Rabu, 14 Desember 2022 | 19:04 WIB
Vespa Batik Special Edition, dari dan untuk Indonesia
Farhan
Vespa Batik Special Edition, dari dan untuk Indonesia

GridOto.com - Pertama di dunia, inilah filosofi dan makna yang tersemat di motor edisi spesial Vespa Batik yang belum lama rilis di Indonesia.

Bisa dibilang Vespa Batik adalah motor edisi spesial pertama dari Piaggio Grup, yang menjadi representasi simbol budaya dari sebuah negara.

Menggunakan basis motor Vespa LX 125, motor ini menjadi kombinasi antara ikon Italia dengan batik sebagai bagian dari budaya Indonesia.

Sebagai informasi, Vespa Batik adalah hasil kerjasama antara Piaggio Indonesia dengan rumah desain batik premium Iwan Tirta Private Collection.

"Kami sangat bangga menjadi bagian sejarah dan mewujudkan Vespa Batik yang sejalan dengan Visi dan Misi kami yaitu menjalankan diplomasi batik," terang Rindu, dari Iwan Tirta Private Collection.

Pola batik yang disematkan pada Vespa Batik merupakan adaptasi dari 7 pola tradisional yang diberi nama “Tambal Jagad”.

Motif Tambal Jagad, 7 pola batik dari Indonesia di Vespa Batik
Farhan
Motif Tambal Jagad, 7 pola batik dari Indonesia di Vespa Batik

Pola ini memiliki makna filosofis mendalam, terinspirasi oleh beragam latar belakang dan budaya, mewakili Indonesia sebagai negara kepulauan.

Desain pola yang melekat pada Vespa Batik melambangkan keragaman budaya dari Sabang sampai Merauke, yang mewakili luas wilayah Indonesia dari Barat ke Timur.

Antara lain motif Perisai (Kalimantan), Megamendung (Jawa Barat), Ayam Kasuari (Papua), Sokowani (Sumatera), Tenun Ikat Menjangan (Nusa Tenggara), Kawung (Jawa Tengah), dan Poleng (Bali).

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa