Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Mau Beli Vespa LX 125 Bekas? Simak Kunci Perawatan Mesin hingga CVT dari Bengkel Spesialis

Harun Rasyid - Minggu, 11 Desember 2022 | 20:41 WIB
Ilustrasi Vespa LX 125
Vespa.co.id
Ilustrasi Vespa LX 125

GridOto.com - Vespa LX 125 bekas lansiran 2011 hingga 2021, bisa didapatkan dengan dana mulai Rp 20 jutaan hingga Rp 40 jutaan tergantung tahun dan kondisinya.

Namun sebelum meminang Vespa LX 125 bekas, tak ada salahnya sobat mengetahui anjuran perawatan rutinnya dari bengkel spesialis.

Tujuannya, agar performa dan kondisi Vespa LX 125 bisa tetap prima selama pemakaian sehari-hari.

Yoyo, Kepala Mekanik di bengkel spesialis Vespa matic Vescooter di Depok mengatakan, pemilik Vespa LX 125 disarankan jangan sampai lupa untuk rutin mengganti oli mesinnya.

"Sebenarnya mesin Vespa LX 125 bandel seperti motor pada umumnya, tapi kalau enggak dirawat bisa rusak juga. Jadi untuk perawatannya minimal ganti oli dan servisnya harus rutin," ujarnya kepada GridOto.com, Sabtu (10/12/2022).

Yoyo menyebut, penggantian oli mesin Vespa LX 125 biasanya dilakukan berbarengan dengan servis rutin untuk membersihkan injector-nya.

"Kalau motornya jarang dipakai, servis rutin dan ganti oli bisa sekitar dua sampai tiga bulan sekali. Jika motornya dipakai harian, anjurannya sekitar sebulan sekali," katanya.

Sedangkan untuk ganti oli mesin, disarankan dilakukan bersamaan dengan oli gardannya.

"Anjurannya di sini ganti oli per 2.000 kilometer, sebab anjuran ganti oli pabrikan itu kalau enggak salah per 5.000 kilometer. Nah itu kurang sesuai menurut saya," kata Yoyo.

Baca Juga: Seken Keren - Vespa LX 125, Vespa Matic Termurah yang Harga Bekasnya Mulai Rp 20 Jutaan

Adapun untuk pengerjaan servis rutin Vespa LX 125, dimulai dari pembersihan injector atau throttle body dan bagian dalam Continouosly Variable Transmission (CVT).

"Jadi kami bersihkan injector dengan cairan injector cleaner. Setelah itu, komponen-komponen di dalam CVT juga dibersihkan agar kotoran di dalamnya tidak menumpuk," jelas Yoyo.

"Habis itu baru kami ganti oli mesin, biasanya pakai Castrol SAE 10W40 dengan API SL dan juga ganti oli gardan sekaligus. Untuk jumlah olinya, Vespa LX 125 2V butuh oli sebanyak 1 liter sedangkan generasi i-get butuh 1,3 litet oli mesin," sambungnya.

Bengkel Vespa matic di showroom Vescooter
Harun/GridOto.com
Bengkel Vespa matic di showroom Vescooter

Sementara untuk biaya ganti oli mesin, oli gardan, dan servis rutin Vespa LX 125 tersebut, Vescooter menawarkannya dalam satu paket perawatan.

Untuk paket servis rutin Vespa LX 125 generasi 2V lansiran 2011 sampai 2012, biayanya Rp 250 ribu.

Sedangkan biaya servis rutin Vespa LX 125 3V tahun 2013-2017 serta i-get keluaran 2017 sampai saat ini, ditawarkan Rp 350 ribu. 

Namun sekadar informasi, bengkel Vescooter saat ini hanya melayani permintaan servis untuk konsumen yang membeli Vespa matic bekas di showroom Vescooter.

Vescooter 

Jalan Siliwangi No. 12, Pancoran Mas, Kota Depok.

Telp: 081382337030

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa