Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Puluhan Musisi Gelar Konser Amal Bareng Kompas Gramedia Bertajuk Gitaris untuk Negeri: Donasi Gempa Cianjur

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 8 Desember 2022 | 10:34 WIB
Andra Ramadhan di atas panggung konser amal “Gitaris untuk Negeri
Erwan/ Motor Plus
Andra Ramadhan di atas panggung konser amal “Gitaris untuk Negeri

GridOto.com - Puluhan musisi berkumpul dalam konser bertajuk Gitaris untuk Negeri: Donasi Gempa Cianjur yang digelar di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Pusat pada Rabu (07/12/2022) malam .

Gitaris untuk Negeri sudah digelar empat kali sejak 2010, hadir sebagai respons terhadap kondisi darurat bencana, berkolaborassi dengan Kompas Gramedia melalui Harian Kompas dan Bentara Budaya.

Gitaris Dewa Budjana, salah satu inisiator perhelatan ini, mengaku terharu karena para musisi Indonesia selalu cepat tanggap bersedia mengambil peran dalam membantu korban gempa.

Ketua Dewan Yayasan Kemanusiaan Kompas, Tommy Nugroho, mengatakan hasil donasi akan diberikan di beberapa titik dengan memberikan bantuan mulai dari kebutuhan pokok hingga berencana bangun sekolah yang ambruk.

"Terima kasih kepada seluruh seniman dan musisi yang bekerja sama dan rela meluangkan waktu. Kami berupaya sedetail mungkin menyalurkan dana terkumpul sehingga bermanfaat dan berguna bagi penerima. Jadi, tidak hanya sekadar menyalurkan," ujar Tommy, Rabu (07/12/2022).

Adapun total ada 66 musisi tergabung dalam konser amal Gitaris untuk Negeri kali ini, terdiri dari 38 gitaris, 9 musisi pendamping, 12 penyanyi, dan 2 band.

Dari gitaris antara lain Aditya Bayu, Adit (Element), Agam Hamzah, Andra Ramadhan, Andre Dinuth, Baim, Boris Simanjuntak, Chiko, Denny Chasmala, Dewa Budjana, Edi Kemput, Edwin (Cokelat), Endah Widiastuti, Ernest (Cokelat).

Kemudian ada Ezra Simanjuntak, Gerald Situmorang, Gugun, Ian Antono, Iga Massardi, Ivan Borneo, John Paul Ivan, Josephine Alexandra, Jubing Kristianto, Karis, Kiki (d’Masiv), Kongko, Noldy, Rama (d’Masiv), Ramadhista Akbar (Nidji), Randiansyah Harun, Ridho Hafiedz, Rully Worotikan, Sony (J-Rocks), Tohpati, Tommy (Garux), Toto Tewel, Utox, Zendhy Kusuma.

Ditemani rekan-rekan musisi drum Aryo Wicaksono, Ervin (Cokelat), Wahyu Piadji (d’Masiv), dan Yandi Andaputra; musisi bass Franky Sadikin, Wanda Omar, Ronny (Cokelat), Rayyi Kurniawan (d’Masiv) dan musisi keyboard ada Yongky Vincent.

Baca Juga: Bantu Korban Gempa Cianjur, Grup Mitsubishi Gelontorkan Dana Rp 575 Juta

Sementara penyanyi ada Andy (/rif), Bella Fawzi, Candil, Ipang Lazuardi, Kaka, Kikan, Pieter Anroputra, Rian (d’Masiv), Sheryl Sheinafia, Tompi, Uap Widya, Ubay (Nidji).

Penyair tersohor Indonesia Sutardji Calzoum Bachri turut beri dukungan melalui pembacaan puisi dan Sastrawan Joko Pinurbo juga buatkan puisi untuk ungkapkan rasa duka dan simpati atas musibah yang terjadi.

Selain itu terdapat 10 lukisan dari 8 seniman dan 3 gitar akan dilelang bagi siapa saja yang ingin ikut berdonasi.

Satu gitar yang dilelang adalah milik Ridho Hafiedz (Slank), dua lainnya adalah gitar baru Yamaha FS830 dan Yamaha PAC212VFM bertanda tangan gitaris.

Sementara itu, lukisan yang dilelang adalah Love of Mother Earth karya Ika W. Burhan, Gitu Aja Kok Repot: Hommage to Gus Dur karya Ilham Khoiri, Komposisi A #3 karya Gihon Nugrahadi.

Kemudian As Long As You're Happy karya Tommy Karmawan, Small Happiness karya Diana Dee Mohy, Langit Memerah Sebelum Malam karya Asmoaji, Second Hand karya Afriani, dan Siapa yang Mengikatkan Dirinya pada Gambar di Wajahku? karya Vy Patiah.

Konser ini disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Harian Kompas, Bentara Budaya, KompasTV, Kompas.com, Tribunnews, Kontan, Kompasiana, Parapuan.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa