Wacana Beli Motor Listrik Disubsidi Rp 6,5 Juta Oleh Pemerintah Tahun Depan, Ini Tanggapan Alva

Muhammad Rizqi Pradana - Kamis, 1 Desember 2022 | 17:20 WIB
Ada insentif Rp 6,5 juta dari pemerintah tahun depan kalau mau beli motor listrik, harga motor listrik Alva One bisa jadi lebih murah?
Pradana
Ada insentif Rp 6,5 juta dari pemerintah tahun depan kalau mau beli motor listrik, harga motor listrik Alva One bisa jadi lebih murah?

GridOto.com - Pemerintah dikabarkan tengah menyiapkan insentif guna mendorong adopsi kendaraan listrik, khususnya motor listrik di Indonesia.

Insentif tersebut berupa subisidi yang akan berada di kisaran Rp 6,5 juta untuk setiap pembelian motor listrik, dan kabarnya akan berlaku 2023 nanti.

Rencana insentif motor listrik tersebut disampaikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republilk Indonesia.

"Kalau mau tukar motor ke listrik tahun depan, ya. Nanti dapat subsidi sekitar Rp 6,5 juta," ucap Luhut dalam forum perbankan, yang dikutip Kompas.com dari Reuters, Selasa (29/11/2022).

Ilectra Motor Group (IMG) selaku Agen Pemegang Merek (APM) motor listrik Alva pun menanggapi rencana subsidi tersebut secara positif.

"Kami sangat mendukung regulasi pemerintah ya, apalagi insentif ini karena bagus untuk industri kendaraan listrik," ucap Putu Swaditya Yudha selaku Chief Business Officer IMG di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2022).

Tapi apakah subisidi tersebut akan membuat harga jual motor listrik mereka yaitu Alva One menjadi lebih murah atau tidak, hal tersebut masih belum bisa dijawab.

Pasalnya, pemerintah belum memfinalisasi apalagi menerbitkan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari rencana insentif motor listrik tadi.

Sehingga bentuk implementasi dari insentif motor listrik tersebut pun masih belum jelas.

Baca Juga: Unitnya Sudah Mulai Dikirim ke Konsumen, Motor Listrik Alva One Sudah Laku Berapa Unit?

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : Dida Argadea
Sumber : Reuters

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa