Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tingkatkan Konektivitas, Kementerian PUPR Mulai Bangun Jalan dan Jembatan di Pulau Enggano

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 11 November 2022 | 21:05 WIB
Kementerian PUPR bangun jalan dan jembatan di Jalan Banjar Sari-Malakoni-Kahyapu di Pulau Enggano, Bengkulu.
Dok. Kementerian PUPR
Kementerian PUPR bangun jalan dan jembatan di Jalan Banjar Sari-Malakoni-Kahyapu di Pulau Enggano, Bengkulu.


GridOto.com - Selain jalan tol, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pembangunan jalan di kawasan perbatasan dan pulau-pulau di Indonesia secara merata.

Salah satunya yang tengah dikerjakan, yaitu pembangunan jalan dan jembatan di Jalan Banjar Sari-Malakoni-Kahyapu di Pulau Enggano, Bengkulu.

Menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, peningkatan konektivitas jaringan infrastruktur jalan untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, dan juga kenyamanan perjalanan pengendara.

"Akses jalan yang semakin baik juga akan menunjang perekonomian masyarakat sekitar," ujar Basuki dalam keterangan tertulis PUPR yang dikutip GridOto.com, Jumat (11/11/2022).

Plt. Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu Kementerian PUPR, Yohanis Tulak, menambahkan jika pembangunan jalan Banjar Sari-Malakoni-Kahyapu ini telah dimulai sejak September 2022.

"Total panjang jalan yang akan ditangani sekitar 32,82 kilometer dan ada tujuh jembatan sepanjang 197 meter," ucap Tulak.

Lanjut menurut Tulak, ruas jalan yang dibangun menjadi akses penting ke dua pelabuhan utama di Pulau Enggano, yaitu Pelabuhan Kahyapu dan Malakoni yang terhubung ke Bandara Enggano.

"Diharapkan dengan terhubungnya konektivitas antar pelabuhan dan bandara dapat mendorong peningkatan aktivitas perekonomian warga," jelasnya.

Dari sisi pariwisata, Pulau Enggano terdapat pantai atau Kolam Pidipo di Cagar Alam di Desa Kahyapu dan wisata pantai Komang-Batu Lobang di Desa Banjarsari.

Baca Juga: Pemerintah Kebut Proyek Jalan Baru Rute Labuan Bajo-Tanamori Sepanjang 25 KM, Pengerjaan Sudah 82,3 Persen

Selain itu, juga terdapat spot yang Instagramable di Bak Blau di Desa Meok yang dilengkapi muara sungai yang berwarna hijau, serupa laguna dikelilingi dengan pepohonan lebat.

Enggano secara administratif merupakan satu kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara dan memiliki enam desa, yaitu Bajarsari, Meok, Apoho, Malakoni, Kaana dan Kahyapu dengan jumlah penduduk lebih dari 600 kepala keluarga.

Jarak tempuh ke Pulau Enggano dari pusat Kota Bengkulu sejauh 90 mil laut atau 156 kilometer, sedangkan jarak terdekat dengan Kota Manna, Bengkulu Selatan sejauh 96 kilometer atau 60 mil laut.

Untuk menuju ke Pulau Enggano, diperlukan waktu sekitar 12 jam perjalanan transportasi laut dari Kota Bengkulu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa