Advertorial

Biar Enggak Salah Pilih, Ini 4 Tips Jitu Membeli Mobil Bekas

Nana Triana - Selasa, 8 November 2022 | 14:42 WIB
Mobil bekas jadi favorit konsumen yang ingin mendapatkan mobil berkualitas dengan harga terjangkau.
Dok. mobbi
Mobil bekas jadi favorit konsumen yang ingin mendapatkan mobil berkualitas dengan harga terjangkau.

GridOto.com – Memiliki sebuah mobil merupakan impian banyak orang. Bagi mereka yang telah berkeluarga, mobil menjadi sebuah kebutuhan. Pasalnya, mobil dapat mempermudah serta memberi kenyamanan dan keamanan untuk mobilitas anggota keluarga.

Selain itu, memiliki mobil juga dapat meningkatkan citra diri atau gengsi. Namun, tidak semua orang mampu untuk membeli sebuah mobil baru. Oleh karena itu, beli mobil bekas bisa menjadi alternatif bagi yang ingin memiliki kendaraan pribadi tetapi memiliki dana terbatas.

Saat ini, harga mobil bekas yang dijual di pasaran juga cukup bervariasi, mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah, tergantung dengan tipe dan mereknya.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, sebaiknya perhitungkan dulu dana yang dimiliki. Jika sudah mengetahui dana yang dimiliki, Anda bisa mulai berburu mobil sesuai yang diinginkan.

Selain itu, ketika berburu mobil bekas, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah memilih. Jangan sampai mobil yang dibeli justru menguras kantong karena perlu mengeluarkan dana besar untuk perbaikan dan perawatan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan mobil bekas berkualitas, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Lihat kondisi fisik mobil

Melihat kondisi mobil, baik bagian eksterior maupun dalam interior mobil, menjadi hal penting untuk Anda lakukan. Usahakan untuk tidak memilih mobil yang bodinya sudah lecet, penyok, atau pernah mengalami kecelakaan karena nantinya Anda harus mengeluarkan dana besar untuk biaya perbaikan.

Setelah melakukan pemeriksaan pada bodi dan interior, Anda bisa mengecek kondisi mesin mobil. Periksa secara menyeluruh, apakah ada kebocoran oli pada blok mesin atau komponen lainnya. Setelah itu, lakukanlah test drive jika showroom atau penjual meminta calon pembeli untuk mencoba mobil tersebut.

Saat test drive, Anda bisa memperhatikan laju kendaraan, tarikan gas, kondisi rem, transmisi, hingga kaki-kaki atau shockbreaker mobil. Dengan begitu, Anda bisa menilai mobil bekas tersebut masih nyaman atau tidak.

  1. Lihat riwayat servis mobil

Selanjutnya, Anda bisa memeriksa riwayat servis. Dengan mengecek riwayat servis mobil, Anda dapat mengetahui dengan jelas apakah mobil tersebut dirawat secara berkala atau tidak.

Jika pemilik mobil sebelumnya mengikuti jadwal rutin untuk servis, maka dapat dipastikan mobil tersebut memiliki kondisi yang baik dan layak jalan. Pastikan juga apakah mobil bekas yang diincar melakukan servis rutin di bengkel resmi atau bukan.

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa