Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Elektrifikasi Kendaraan Berkembang, ZF Aftermarket Komitmen Hadirkan Spare Part Mobil Listrik di Indonesia

Harun Rasyid - Kamis, 27 Oktober 2022 | 14:05 WIB
Ilustrasi bisnis ZF Aftermarket
Aftermarket.zf.com
Ilustrasi bisnis ZF Aftermarket

GridOto.com - ZF Aftermarket Indonesia selaku salah satu pemasok spare part mobil di Tanah Air, turut mendukung elektrifikasi kendaraan yang sedang digencarkan oleh Pemerintah.

Salah satu bentuk dukungan ZF aftermarket Indonesia dalam hal tersebut, yakni rencana penyediaan spare part mobil listrik.

Sonny Tandy, Head of IAM Sales Indonesia dari PT ZFAG Aftermarket Jakarta mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya juga sudah menyuplai spare part mobil listrik dalam ajang Formula E.

"Bukan cuma suku cadang aftermarket untuk mobil konvensional, kami sudah desain dan suplai power train termasuk motor listrik hingga kaki-kaki untuk tim Mahindra Racing di Formula E," ujarnya kepada media, Senin (24/10/2022).

Sonny menyebut, ZF secara global juga sudah terfokus ke mobil masa depan mulai dari mobil listrik penumpang maupun otonom.

"ZF fokus pada next generation mobility yaitu electric vehicle dan mobil otonom. Kami fokus memproduksi sensor, radar, hingga prosesor," ucapnya.

Lebih lanjut, ZF Aftermarket Indonesia kini hanya tinggal menunggu waktu dalam penyediaan spare part mobil listrik untuk para konsumen di Tanah Air.

Ilustrasi mobil listrik di Indonesia
Aries Aditya/GridOto.com
Ilustrasi mobil listrik di Indonesia


Sebab Sonny melihat, jumlah pengguna mobil listrik di Indonesia seiring waktu sudah mengalami perkembangan.

"Mobil listrik sudah banyak di sini. Kita tak bisa lari dari kemajuan teknologi. Misalnya mobil otonom dengan teknologi tanpa pengemudi sampai lane keeping assist, kami sudah sangat siap dengan spare part mobil listrik," jelas Sonny.

Baca Juga: Bisnis Spare Part Mobil ZF Aftermarket Indonesia Tiap Tahun Tumbuh, Sampai Akhir 2022 Yakin Bisa Naik 20 Persen Lebih

Ia menambahkan, hampir keselurahan spare part mobil listrik sudah mampu dibuat oleh ZF Aftermarket yang dikenal dengan onderdil kualitas asal Jerman di Eropa.

"Kami bisa buat semua kecuali baterai yang tidak menjadi fokus ZF. Part-nya mulai dari power train, sokbreker, suspensi, dan lainnya. Tapi untuk Indonesia sementara ini belum, spare part sebetulnya sudah ada tapi untuk Asia Pasifik baru beberapa semisal di China," tutup Sonny.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa