Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Catat Anjuran Servis Rutin Yamaha NMAX 155 Gen Pertama, Biaya Mulai Rp 50 Ribu

Harun Rasyid - Minggu, 23 Oktober 2022 | 19:45 WIB
ilustrasi Yamaha NMAX 155 Bekas
Aziz
ilustrasi Yamaha NMAX 155 Bekas

GridOto.com - Yamaha NMAX 155 bekas keluaran 2015-2020 kini bisa didapatkan dengan dana mulai Rp 15 jutaan hingga Rp 24 jutaan tergantung tahun dan kondisinya.

Namun sebelum membeli Yamaha NMAX 155 bekas yang sudah diincar, ada baiknya sobat mengetahui anjuran perawatan atau servis rutinnya agar performanya tetap baik selama pemakaian.

Menurut Zenal, Kepala Mekanik dari bengkel spesialis motor matic Rafi Matic (RFM) di Depok, servis rutin Yamaha NMAX 155 lawas biasa dilakukan per 3.000 kilometer (km).

"Tune up atau servis rutin Yamaha NMAX 155 untuk pola pemakaian normal semisal jarak tempuh sehari 50 km, bisa per 3.000 km atau tiga bulan sekali," ujarnya kepada GridOto.com, Sabtu (22/10/2022).

Adapun pengerjaan servis rutin Yamaha NMAX 155 di bengkel RFM yaitu mulai dari cek dan pembersihan throttle body, cek busi, filter udara, sampai air radiator.

"Biaya servis rutin Yamaha NMAX 155 di sini Rp 50 ribu di luar part yang perlu diganti saat servis," kata Zenal.

Sementara untuk penggunaan motor yang sehari-sehari menempuh jarak jauh semisal 100 km, servis rutinnya perlu dilakukan lebih intens.

"Kalau yang jarak jauh misalkan sehari bisa mencapai 100 km, disarankan sebulan sekali servis rutin agar kondisi motor tetap prima," jelas Zenal.

Lebih lanjut, Yamaha NMAX 155 generasi pertama juga jangan sampai telat ganti oli agar komponen dibdalam mesin tidak mengalami masalah.

Baca Juga: Seken Keren - Bikin Suara Mesin Kasar, Segini Biaya Perbaikan Pelatuk Klep Yamaha NMAX 155 Generasi Pertama

"Ganti oli mesin biasanya per 2.000 km kalau pemakaian normal. Sementara untuk pemakaian jarak jauh seperti untuk ojek online, ganti olinya bisa per 1.500 km atau dua minggu bahkan seminggu sekali kalau yang jarak tempuhnya jauh banget," ungkap Pria ramah tersebut.

Zenal melanjutkan, rival Honda PCX ini membutuhkan 1 liter oli dengan spek SAE 10W40.

"Harga oli mesinnya Rp 67 ribu jika pakai Yamalube, kalau merek lain semisal Shell juga Rp 60 ribuan," paparnya.

Rem depan Yamaha NMAX 155
Nurul/GridOto.com
Rem depan Yamaha NMAX 155


Di samping perawatan tersebut, kampas rem Yamaha NMAX 155 ada baiknya perlu rutin dicek saat servis di bengkel.

"Soalnya kampas remnya terutama yang depan, agak cepat habis karena bobot motornya juga relatif berat," ucap Zenal saat ditemui di bengkel yang bermarkas di Jalan Pitara Raya, Pancoran Mas, Depok tersebut.

Adapun harga kampas rem depan dan belakang orisinal Yamaha NMAX 155 yakni Rp 65 ribu.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa