Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Shell Eco-marathon Resmi Digelar di Sirkuit Mandalika, 40 Tim Dari 9 Negara Adu Kendaraan Hemat Energi

Harun Rasyid - Kamis, 13 Oktober 2022 | 20:32 WIB
Opening ceremony Shell Eco-marathon Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.
Dok. Shell
Opening ceremony Shell Eco-marathon Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.

GridOto.com - Kompetisi kendaraan hemat energi, Shell Eco-marathon resmi dibuka oleh Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis (13/10/2022).

Menteri Basuki ditemani Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah, meresmikan pembukaan Shell Eco-marathon 2023 yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok pada 14-15 Oktober 2022.

Dalam opening ceremony Shell Eco-marathon, Menteri Basuki mengapresiasi penyelenggaraan ajang bergengsi untuk para mahasiswa tersebut.

Sebab menurutnya, Shell Eco-marathon berperan penting dalam memajukan inovasi teknologi sebagai solusi kebutuhan kendaraan hemat energi, wadah konektivitas antara generasi muda, akademisi, industri dan pemerintah sekaligus memajukan pariwisata di Indonesia.

“Shell Eco-marathon menantang mahasiswa Indonesia untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rancang bangun teknologi otomotif sehingga mampu bersaing dengan tim terbaik lainnya di kawasan Asia dan menjadi bagian dari perjalanan menuju Indonesia Maju," ujarnya di Sirkuit Mandalika, Kamis (13/10/2022).

Basuki lalu berpesan kepada para peserta agar jangan pernah berhenti belajar dan melakukan eksplorasi teknologi agar tetap up to date.

"Sebab teknologi sangat cepat berubah. Kolaborasi dengan perusahaan seperti Shell sangat bermanfaat bagi generasi muda kita untuk mengeksplorasi solusi hemat energi di sektor otomotif, untuk mengurangi polusi dan pengganti bahan bakar fosil," ucapnya.

Pembukaan ajang Shell Eco-marathon oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Zulkeiflimansyah selaku Gubernur NTB di Sirkuit Mandalika.
Harun
Pembukaan ajang Shell Eco-marathon oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Zulkeiflimansyah selaku Gubernur NTB di Sirkuit Mandalika.


Zulkieflimansyah juga mengatakan, lomba adu irit energi dengan mobil rancangan mahasiswa ini dinilai sangat bermanfaat untuk mengasah keterampilan di bidang otomotif.

"Shell Eco-marathon bukan hanya kompetisi, tapi komunitas belajar. Jadi para mahasiswa bisa saling belajar," katanya.

Baca Juga: Tren Mobil Listrik Meningkat, Shell Komitmen Hadirkan Energi yang Lebih Bersih, SPKLU Mau Ditambah?

Sementara itu Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, Ingrid Siburian menyampaikan, istirahat selama dua tahun dari kompetisi on-track ini tidak menyurutkan semangat dan inovasi para mahasiswa.

"Selain itu acara ini bertujuan untuk mendorong batas-batas teknologi dan memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk mengaplikasikan teori efisiensi energi mereka ke dalam pengalaman langsung di lintasan," paparnya.

Sebagai informasi, Shell Eco-marathon kali ini merupakan yang perdana di gelar di Tanah Air.

Ajang ini diikuti lebih dari 40 tim mahasiswa dari sembilan negara mulai dari Indonesia, India, Singapura, Vietnam, Filipina, Nepal, Kazakhstan, Malaysia dan Korea Selatan untuk bersaing, merancang, membangun, menguji dan mengendarai kendaraan hemat energi.

Mobil-mobil peserta Shell Eco-marathon di Sirkuit Mandalika, NTB.
Harun/GridOto.com
Mobil-mobil peserta Shell Eco-marathon di Sirkuit Mandalika, NTB.


Shell Eco-marathon melombakan dua kategori kelas kendaraan yakni Prototype dan Urban Concept.

Kategori Prototype berfokus pada desain kendaraan ultra-efisien dan ringan, umumnya dengan tiga roda.

Sementara Urban Concept berfokus pada rancangan kendaraan untuk mobilisasi di perkotaan yang efisien dalam hal energi dengan roda empat konvensional.

Untuk itu, para tim dapat merancang mobil Prototype atau Urban Concept dan memilih tiga kategori energi mulai dari mesin bakar atau internal combustion engine, baterai listrik, dan sel bahan bakar hidrogen.






Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa