Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Masuk Era Elektrifikasi, Bos PLN Beberkan Tantangan Punya Mobil dan Motor Listrik

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 12 Oktober 2022 | 06:55 WIB
Hyundai Ioniq Electric Sedang Melakukan Charging Baterai di SPKLU PLN Gambir
Radityo Herdianto - GridOto.com
Hyundai Ioniq Electric Sedang Melakukan Charging Baterai di SPKLU PLN Gambir

 

GridOto.com - Pemerintah terus berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, salah satunya dengan menggunakan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

Dalam hal tersebut, PT PLN (Persero) sebagai penyedia energi kelistrikan nasional ikut ambil bagian dalam mendukung, serta mendorong akselerasi pengembangan kendaraan listrik.

Namun Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, mengungkapkan penggunaan mobil dan motor listrik juga memiliki tantangan masing-masing.

Salah satunya mobil listrik yang beredar meski bisa menempuh jarak 360 km, namun untuk ke luar kota diperlukan pemetaan tempat mengisi daya.

"Untuk mobil listik penggunaan lebih mudah karena penggunaan sekali cas bisa 360 km, saya ke kantor 40 km, muter-muter jadi 70 km masih aman. Kemudian malam saya cas dapat diskon 30 persen," ujar Darmawan dalam diskusi Menapak Peta Jalan Permanfaatan Kendaraan Listrik Nasional, Selasa (11/10/2022).
 
"Untuk perjalanan luar kota kita harus memetakan dimana kita akan cas, tetapi untuk di dalam kota tidak ada kendala," sambungnya.

Lanjut menurut Darmawan, tantangan untuk motor listrik yang beredar saat ini dalam sekali cas hanya mampu menempuh 60 km.

Untuk menjawab tantangan tersebut pihaknya mulai membangun baterai swap atau penukaran baterai.

"Kita sudah membangun teknologi baterai swap, begitu baterai swap harganya tidak Rp 1,6 ribu per kWh, tapi bisa Rp 4 ribu per kWh jadi lebih mahal sedikit," jelas Darmawan.

Baca Juga: Bakal Kembali Hadir, IMOS 2022 Akan Tampilkan Aneka Motor Baru dan Motor Listrik

Menurutnya dengan harga yang lebih mahal tersebut pemilik motor listrik hanya membutuhkan waktu lebih singkat untuk mengganti baterai.

"Dengan swap baterai hanya butuh 1 menit, kemudian 1 liter listrik 40 persen lebih murah dibanding 1 liter bensin, mahalnya biaya ada biaya investasi dan membership, jadi tantangannya tidak mudah," pungkasnya. 

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa