Umur Sudah Seperempat Abad, Toyota Kijang Kapsul Bekas Masih Menggoda, Harga Kondisi Kinclong Mulai Rp 50 Jutaan

Harun Rasyid - Jumat, 7 Oktober 2022 | 21:40 WIB
Ilustrasi Toyota Kijang kapsul bekas tipe LGX di showroom Merdeka Motor, Depok
Harun/GridOto.com
Ilustrasi Toyota Kijang kapsul bekas tipe LGX di showroom Merdeka Motor, Depok

GridOto.com - Meski usia tertuanya kini mencapai 25 tahun, Toyota Kijang kapsul bekas lansiran 1997-2004 masih bisa ditemui di sebagian showroom di Jakarta dan sekitarnya.

Artinya Toyota Kijang kapsul yang menjadi cikal bakal Toyota Kijang Innova ini, tetap memiliki peminat di tengah permintaan berbagai mobil bekas dengan usia yang lebih muda bahkan jauh lebih modern.

Menurut Hendrik Suntara, Marketing dari showroom mobil bekas Merdeka Motor di Depok, Toyota Kijang kapsul bekas tak pernah kehilangan peminat karena beberapa faktor.

Namun untuk ketersediaan unit, Toyota Kijang kapsul bermesin bensin 1.800 cc dan 2.000 cc cenderung lebih mudah dijumpai dibanding varian mesin diesel.

"Toyota Kijang Kapsul bekas masih cukup favorit di sini. Alasannya, bodi dan sasisnya terkenal kokoh sampai saat ini. Mesin juga bandel asalkan perawatannya diperhatikan," ucapnya kepada GridOto.com, Kamis (6/10/2022).

Menurut Hendrik, usia Toyota Kijang Kapsul bekas tidak menjadi penghalang bagi konsumen yang mencari Multi Purpose Vehicle (MPV) nyaman dengan harga puluhan juta rupiah.

"Namanya mobil tua mungkin dinilai rawan overheat, tapi asalkan rajin dicek dan dirawat masih rekomen kok untuk dikendarai di dalam kota dan luar kota. Apalagi spare part sampai perawatannya juga mudah karena bengkel-bengkel umum paham dengan Kijang kapsul ini," katanya.

Toyota Kijang Kapsul
Dok.OTOMOTIF
Toyota Kijang Kapsul


Lebih lanjut, Toyota Kijang dengan desain membulat tersebut juga masih tampak gagah dan menarik jika dirawat dengan baik.

"Kalau Toyota Kijang kapsul yang dimiliki mesin hingga kaki-kakinya sehat, bodinya kinclong terawat, pasti enak dilihat dan malah enggak ngebosenin. Jadi desainnya abadi menurut saya pribadi," ungkap Pria ramah tersebut.

Baca Juga: Nostalgia Mitsubishi Kuda Grandia, Fiturnya Paling Oke di Eranya, Kijang dan Panther Wajib Ngaku Kalah

Soal harga Toyota Kijang kapsul bekas, juga disebut masih stabil di pasaran hingga Oktober 2022 ini.

"Harga Toyota Kijang kapsul bekas dan Kijang generasi lainnya terkenal stabil. Apalagi untuk kondisi antik, bodi kinclong dan siap pakai. Makanya kami jual unitnya juga mudah," ucap Hendrik.

Namun harga unit tergantung dari kondisi dan tipenya, contoh untuk tipe tertingginya semisal LGX atau SGX tahun 1997 kondisi siap pakai sekitar Rp 60 jutaan.

Sementara tipe LSX sampai SX tahun 1997, rata-rata berkisar Rp 50 jutaan atau lebih tergantung kondisinya.

"Kalau untuk tahun termuda seperti 2004 tipe LGX, saat ini mencapai Rp 80 jutaan atau lebih tergantung kondisi dan penjualnya," papar Hendrik.

Ikustrasi Toyota Kijang kapsul bekas kondisi kinclong dan siap pakai
Harun/GridOto.com
Ikustrasi Toyota Kijang kapsul bekas kondisi kinclong dan siap pakai


Hanya saja ia bilang, Toyota Kijang kapsul bukanlah mobil yang tergolong irit jika dibandingkan dengan MPV yang lebih muda semisal Toyota Avanza atau Low Cost Green Car (LCGC) 7-penumpang seperti Toyota Calya.

"Mesin Kijang kapsul ini variatif dari mulai bensin 1.800 cc sampai 2.000 cc dan diesel 2.400 cc. Biasanya konsumen yang beli ini memang bukan cari mobil yang tergolong irit BBM, tapi lebih mencari mobil keluarga hingga mobil hobi yang nyaman dan bisa diandalkan untuk menanjak," tutup Hendrik.

Dari pantauan GridOto.com di situs jual beli kendaraan, harga Toyota Kijang kapsul bekas tahun 1997 hingga 2004 berkisar Rp 49 juta sampai Rp 113 juta tergantung tipe, kondisi dan varian mesinnya.


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa