Berapa Top Speed Ideal Motor Listrik di Indonesia? 50 km/jam Cukup?

Dimas Pradopo - Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:53 WIB
Ilustrasi naik motor listrik Gesits
GridOto.com
Ilustrasi naik motor listrik Gesits

GridOto.com - Harga bensin melonjak membuat kami di redaksi menemukan fakta menarik. Mendadak pencarian keyword 'motor listrik' oleh netizen lewat search engine yang masuk website gridoto.com melonjak.

Di channel Youtube OTOMOTIF TV yang membahas review sepeda motor baru pun sama saja, keyword 'motor listrik' juga meningkat tajam. Bahkan beberapa video motor listrik lama pun kembali banyak penonton.

Ini artinya ketertarikan masyarakat pada Battery Electric Vehicle (BEV) atau kendaraan bertenaga listrik murni semakin tinggi. Mungkin berharap motor listrik bisa jadi solusi menekan pengeluaran harian.

Umumnya, yang ditanyakan adalah berapa lama waktu charging-nya? berapa jarak tempuhnya? Di mana bengkel resminya? Juga berapa top speednya? Okelah itu semua pertanyaan penting yang sangat mendasar.

Tapi ketika sudah berkendara di jalan raya, jangan sampai menyesal. Beberapa rekan yang saya 'paksa' mencoba sepeda motor listrik dengan dalih ini kendaraan masa depan hehe.. Umumnya terpana dengan torsi instan di awal buka gas yang sangat responsif bahkan cenderung mengagetkan.

Tapi begitu sudah jalan agak jauh. "Yaaah.. kok speednya segini aja," ujar Aant, reviewer di Youtube Channel OTOMOTIF TV.

Memang tidak semua motor listrik pelan, ada juga yang menakjubkan yang pernah saya coba. Seperti Zero dari Amerika Serikat, atau BMW CE 04 yang harganya juga bikin takjub, tembus ratusan juta.

Sedang motor listrik di bawah Rp 25 juta, tak bisa begitu. Beberapa merek yang punya spesifikasi dinamo motor listrik di bawah 2 KW umumnya top speed-nya juga tak terlalu kencang.

Ada yang mentok cuma 45 km/jam, 50 km/jam, 60 km/jam dan ada juga yang sampai 70-80 km/jam.

Lalu berapa sih kecepatan maksimum ideal motor listrik di jalanan? Yang enggak berlebihan tapi tetap nyaman juga aman dipakai berkendara sehari-hari.


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa