Seken Keren - Tips Perawatan dan Servis Rutin Honda Vario 125 Generasi Pertama, Biayanya Mulai Rp 75 Ribu

Harun Rasyid - Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:05 WIB
Ilustrasi Honda Vario 125 Generasi pertama
Rizky/Gridoto.com
Ilustrasi Honda Vario 125 Generasi pertama

GridOto.com - Perawatan dan servis rutin Honda Vario 125 lansiran 2012-2014 penting bagi sobat ketahui sebelum meminang unit bekasnya.

Sebab, pola perawatan dan servis rutin Honda Vario 125 generasi pertama akan menentukan kondisi mesin hingga part vital lainnya selama pemakaian.

Agar tidak salah kaprah, Muhammad Ikim selaku Owner dari bengkel RI Matic Shop & Service di Jakarta Timur menyebut, perawatan dan servis rutin Honda Vario 125 generasi pertama sebaiknya dilakukan setiap bulan.

"Perawatan yang pertama, perhatikan penggantian oli mesin. Kalau pakai oli standar bagusnya sebulan sekali diganti, sedangkan kalau pakai oli yang long term interval seperti yang kami gunakan di bengkel bisa tiga sampai empat kali lipat lebih awet masa pakainya," ujarnya kepada GridOto.com, Sabtu (1/10/2022).

Ikim menyebut, oli mesin yang biasa digunakan yakni Yacco dan Adnoc dengan harga Rp 200 ribu sampai Rp 215 ribu per liter.

Namun untuk pengguna dengan jarak tempuh mencapai ratusan kilometer sehari, disarankan ganti oli dengan waktu lebih singkat.

"Ganti oli dan servis CVT bagusnya sebulan sekali, tapi jika jarak tempuh lebih dari 100 bahkan 200 kilometer (km) sehari, sebaiknya servis dan ganti oli tiap dua minggu sekali," papar Ikim.

Biaya servis CVT yang termasuk dalam servis rutin Honda Vario 125 ini, dibanderol Rp 75 ribu di luar spare part yang diganti.

Sementara untuk perawatan injector dan throttle body Honda Vario 125 generasi pertama, biasanya dilakukan per 20.000 km.

Baca Juga: Seken Keren - Honda Vario 125 Generasi Pertama Punya Banyak Kelebihan, Harga Sudah Terjangkau Mulai Rp 9 Jutaan

"Kalau per 10 ribu km, throttle body masih cukup bersih. Makanya dilakukan per 20 ribu km untuk membersihkan kerak dan kotoran di dalamnya," kata Ikim.

Perawatan injector dan throttle body Honda Vario 125 di bengkel yang berlokasi di Pondok Kopi, Jakarta Timur ini dikenakan jasa Rp 75 ribu.

"Ongkos jasanya Rp 75 ribu, sedangkan cairan injector booster-nya Rp 75 ribu," ucap Pria ramah tersebut.

Biaya servis CVT dan throttle body Honda PCX 150 di Bengkel spesialis motor matic, RI Matic Shop & Service di Jakarta Timur
Harun/GridOto.com
Biaya servis CVT dan throttle body Honda PCX 150 di Bengkel spesialis motor matic, RI Matic Shop & Service di Jakarta Timur

Sekadar informasi, harga Honda Vario 125 bekas tahun 2012-2014 berkisar Rp 9 juta sampai Rp 14 jutaan tergantung kondisi dan tipenya.

Pilihan tipe untuk skuter matik tersebut yakni CBS yang merupakan singkatan dari Combi Brake System, dan CBS dengan fitur Idling Stop System (ISS).

RI Matic Shop & Service

Jalan Pondok Kopi Raya Blok S4 No.5, Jakarta Timur

Telp: 08118989798


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa