Seken Keren - Reflektor Honda Vario 125 Generasi Pertama Rawan Meleleh, Ini Solusinya

Wisnu Andebar - Minggu, 2 Oktober 2022 | 15:37 WIB
Honda Vario 125 generasi pertama masih menggunakan bohlam, reflektor rawan meleleh
Isal/GridOto.com
Honda Vario 125 generasi pertama masih menggunakan bohlam, reflektor rawan meleleh

GridOto.com - Honda Vario 125 generasi pertama lansiran 2012 sampai 2014 terpilih sebagai skutik yang dibahas dalam rubrik seken keren GridOto.com minggu ini.

Buat sobat yang berminat, harga Honda Vario 125 generasi pertama sudah cukup terjangkau yakni mulai Rp 9 jutaan tergantung tahun dan kondisi motor.

Namun sebelum sobat memboyong Honda Vario 125 generasi pertama, perlu mewaspadai masalah yang kerap timbul agar memahami solusinya.

Menurut Muhammad Ikim selaku owner bengkel RI Matic Shop & Service, salah satu masalah pada Honda Vario 125 generasi pertama adalah bagian reflektor lampu depan yang rawan meleleh.

"Penyebabnya karena Vario 125 lama ini masih pakai bohlam, berbeda dengan generasi setelahnya yang sudah LED," buka Ikim saat GridOto.com temui di bengkelnya, Sabtu (1/10/2022).

Ia menjelaskan, selain lebih boros listrik, penggunaan lampu bohlam biasa juga  menghasilkan panas yang cukup besar.

"Lampu bohlam depan Vario 125 generasi pertama ini masing-masing berukuran 25 watt, jadi pasti panas reflektornya, terlebih juga sudah menerapkan fitur Automatic Headlight On (AHO)," imbuhnya.

AHO merupakan fitur pada motor yang membuat lampu utama akan tetap menyala secara otomatis sejak mesin motor pertama kali dihidupkan.

Sehingga sakelar pada kemudi kanan yang biasa digunakan untuk menyalakan lampu utama sengaja dihilangkan.

Baca Juga: Seken Keren - Upgrade CVT Honda Vario 125 Generasi Pertama, Modal Rp 1 Jutaan Gredek Minggat Tarikan Ngacir

Ia mengungkapkan, mengganti bohlam biasa dengan LED disebut menjadi solusi agar lampu lebih awet dan reflektor tidak mudah meleleh.

"Untuk produk LED kami tersedia, ada merek RTD dengan harga Rp 200 ribu sepasang dan ada juga produk custom saya, menggunakan lampu LED mobil dengan harga Rp 900 ribu," tuturnya.

Ikim menambahkan, biaya tersebut sudah termasuk pemasangan berikut garansi selama satu tahun.

Sebagai informasi, spesifikasi Honda Vario 125 generasi pertama menggunakan mesin 124,8 cc empat tak, SOHC, berpendingin cairan.

Mesin tersebut diklaim sanggup menghasilkan tenaga 11,1 dk pada 8.500 rpm dan torsi 10,7 Nm pada 5.000 rpm.

Adapun Honda Vario 125 generasi pertama diluncurkan dengan dua tipe, yakni Combi Brake System (CBS) dan CBS dengan Idling Stop System (ISS).

Di samping itu, Honda Vario 125 generasi pertama juga sudah disematkan fitur canggih seperti Alternating Current Generator (ACG) Starter, sistem pengabutan injeksi PGM-FI, hingga teknologi Enhanced Smart Power (eSP).

RI Matic Shop & Service

Jalan Pondok Kopi Raya Blok S4 No.5, Jakarta Timur.

Telp: 08118989798


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa