Seken Keren - Segini Biaya Upgrade Turbo Toyota Kijang Innova Diesel Generasi Pertama

Wisnu Andebar - Minggu, 25 September 2022 | 12:36 WIB
Toyota Kijang Innova generasi pertama menggunakan mesin 2KD-FTV 2.500 cc
Aditya Pradifta
Toyota Kijang Innova generasi pertama menggunakan mesin 2KD-FTV 2.500 cc

GridOto.com - Toyota Kijang Innova diesel generasi pertama bisa menjadi pilihan menarik buat sobat yang menginginkan sebuah Medium MPV dengan harga relatif terjangkau.

Toyota Kijang Innova diesel generasi pertama yang lahir pada 2004-2008 kini bisa dibawa pulang dengan banderol Rp 110 juta sampai Rp 160 jutaan, tergantung tipe dan kondisinya.

Bergeser ke spesifikasinya, Toyota Kijang Innova diesel generasi pertama dibekali mesin 2KD-FTV 2.500 cc dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 102 dk di 3.600 rpm dan torsi 200 Nm di 1.400-3.200 rpm.

Namun bagi sobat yang merasa kurang puas dengan tenaga mesin standar, bisa melakukan upgrade performa salah satunya di sektor turbo.

Susanto, Kepala Mekanik dari bengkel REV Engineering di Jakarta Barat mengatakan, bahwa upgrade turbo pada Innova diesel generasi pertama cukup menggantinya dengan part aftermarket.

"Rekomendasi dari kami kalau upgrade turbo mesin Innova diesel 2KD pakai IHI RHF4," ujar Susanto kepada GridOto.com, Sabtu (25/9/2022).

Ia menjelaskan, cukup dengan hanya mengganti komponen turbo Toyota Kijang Innova diesel generasi pertama dapat mendongkrak performa mesin cukup signifikan. 

"Upgrade turbo kenaikan tenaga bisa sampai 50 dk berdasarkan dyno test yang kami lakukan, dan tentunya aman untuk harian," bebernya.

Baca Juga: Seken Keren - Panduan Sebelum Beli Toyota Kijang Innova Diesel Generasi Pertama Bekas, Waspadai Gejala Ini

Agar lebih maksimal, ia menyarankan penggantian turbo sebaiknya dibarengi dengan upgrade bagian injektor, guna meningkatkan debit solar ke ruang bakar.

"Injektor atau nozzle bisa pakai merek Denso," tuturnya.

Pria yang akrab disapa Santo ini mengungkapkan, bahwa pemasangan turbo IHI RHF4 di Toyota Kijang Innova diesel generasi pertama biasanya akan memakan waktu sekitar dua hari.

"Upgrade turbo bisa dua hari, karena pemasangan ada beberapa yang dicustom untuk menyesuaikan," paparnya.

Santo menambahkan, sejauh ini cukup banyak konsumen Toyota Kijang Innova diesel generasi pertama yang minta upgrade turbo di bengkelnya.

"Banyak yang mau upgrade turbo, intinya ingin tenaga lebih maksimal, buat nyalip enak, dan pastinya konsumen sudah enggak mikirin konsumsi BBM," sebutnya.

Bicara soal biaya, upgrade turbo Toyota Kijang Innova diesel bermesin 2KD-FTV ini membutuhkan dana Rp 16,5 juta, sudah termasuk pemasangan. 

Sedangkan upgrade injektor Denso dikenakan biaya sekitar Rp 9 juta. 

REV Engineering

Jl. Arteri Kedoya Selatan no.70, Jakarta Barat.

Telp: 021-56964612


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa