Seken Keren - Panduan Sebelum Beli Toyota Kijang Innova Diesel Generasi Pertama Bekas, Waspadai Gejala Ini

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 24 September 2022 | 19:15 WIB
Toyota Kijang Innova Diesel generasi pertama
Dok. OTOMOTIF
Toyota Kijang Innova Diesel generasi pertama

GridOto.com - Sebelum meminang Toyota Kijang Innova Diesel generasi pertama bekas, ada baiknya sobat mengetahui tips beli dari bengkel spesialis.

Hal tersebut perlu diperhatikan agar sobat tidak salah pilih, lantaran mendapat unit Toyota Kijang Innova Diesel yang kurang baik.

Menurut Ismatullah, Owner bengkel spesialis Toyota Ismed Motor di Tangerang Selatan, apabila ingin membeli Toyota Kijang Innova Diesel lansiran 2004 sampai 2008 ini pastikan dahulu kondisi mesinnya sehat.

Caranya cukup simpel mendeteksi mesin yang kurang sehat pada varian mesin diesel 2.500 cc, yakni dengan membuka kap mesin dan cabut dipstick.

"Dari segi mesin pertama hidupkan, kalau keluar asap saat dipstick dicabut wajib waspada sudah tidak benar," ujar Ismatullah kepada GridOto.com, Jumat (23/09/2022).

Pria yang akrab disapa Ismed melanjutkan, pengecekan ini dilakukan ketika jarum indikator temperatur mesin sudah setengah.

Selain mesin, komponen lain yang patut diperhatikan adalah bodi guna mengetahui unit Kijang Innova Diesel incaran pernah mengalami insiden kecelakaan atau tidak.

"Cek bagian sasis apakah bekas tabrak atau tidak, kalau bekas tabrak bisa mengganggu fungsi mobil jadi tidak stabil saat dikendarai," jelasnya.

Sebagai pertimbangan, sobat disarankan untuk membawa mekanik atau dilakukan pengecekan menyeluruh ke bengkel.

Baca Juga: Seken Keren - Modal Rp 4 Jutaan, Tenaga Toyota Kijang Innova Diesel Generasi Pertama Bisa Naik 50 DK di Bengkel Ini

"Bisa pengecekan di bengkel tidak dikenakan biaya, pengecekan sama lebih ke bagian mesin dan sasis," pungkasnya.

Bengkel spesialis Toyota, Ismed Motor di BSD Autoparts, Tangerang Selatan
Harun/GridOto.com
Bengkel spesialis Toyota, Ismed Motor di BSD Autoparts, Tangerang Selatan

Sekilas informasi, Toyota Kijang Innova generasi pertama mengaspal pada 2004 sampai 2008 dengan desain lebih mewah dari versi Kijang kapsul yang legendaris.

Untuk dapur pacunya, Kijang Innova diesel dibekali mesin 2.5 L berkode 2KD-FTV dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 102 dk di 3.600 rpm dan torsi 200 Nm di 1.400–3.200 rpm.


Alamat:

Ismed Motor BSD Auto Parts, Blok M nomor 22-23, Serpong, Tangerang Selatan (0878-8828-4664).


Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa