Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Terios Mengantar Kami Menikmati Eksotisme Baubau, Sulawesi Tenggara

Trybowo Laksono - Sabtu, 24 September 2022 | 17:40 WIB
Daihatsu Terios di event Daihatsu Terios 7 Wonders Beauty Baubau Exploration, Baubau, Sulawesi Tenggara
Trybowo Laksono
Daihatsu Terios di event Daihatsu Terios 7 Wonders Beauty Baubau Exploration, Baubau, Sulawesi Tenggara

GridOto.com - Setelah Kalimantan Timur pada Januari lalu, dan Sumba di bulan Maret, event petualangan khas Daihatsu, Daihatsu Terios 7 Wonders memilih kota Baubau, Pulau Buton, Sulawesi Tenggara sebagai tujuan eksplorasi.

Sesuai namanya, event bertajuk Daihatsu Terios 7 Wonders: Beautiful Baubau Exploration ini menggunakan Daihatsu Terios sebagai sarana akses menuju beragam tempat (20-23/9).

Totalnya ada 7 destinasi (7 Wonders), mulai dari snorkeling di sekitar Pantai Nirwana, melihat proses pembuatan tenun khas Buton di Kampung Tenun Sula’a, mengunjungi Benteng Keraton Buton, masuk ke dalam Istana Malige, menyaksikan uniknya Batu Sori, trekking menuju Air Terjun Samparona, hingga mampir ke Bukit Rongi.

Sungguh eksotis semua destinasi itu, seperti Benteng Keraton Buton yang pada 2016 lalu tercatat di Guiness Book Record sebagai benteng terbesar di dunia dengan luas 23,375 hektar.

Deret Daihatsu Terios di Benteng Keraton Buton, benteng terbesar di dunia
Trybowo Laksono
Deret Daihatsu Terios di Benteng Keraton Buton, benteng terbesar di dunia

Pun dengan Air Terjun Samparona, setelah titik terakhir yang bisa dicapai oleh kendaraan apapun, para peserta ekspedisi harus melintas di jalur trekking yang alami dan menantang.

Termasuk di antaranya menuruni lereng dengan tali, susur sungai, hingga melewati perkebunan warga yang dilindungi pagar listrik.

Secara popularitas, Baubau yang belum setenar Bali ini punya keterbatasan infrastruktur di beberapa destinasi.

Di kawasan Samparona misalnya, acap ditemui jalan makadam yang masih kasar dengan kontur naik-turun dan permukaan lincin.

Kondisi ini sekaligus menjadi pembuktian bagi kapabilitas Daihatsu Terios sebagai SUV.

Baca Juga: Mobil Baru Daihatsu Terios yang Dijual di Kota Baubau, Bisa Lebih Mahal RP 20 Jutaan. Kok Bisa?

Tenaga 103 dk dari mesin Terios 2NR-VE 1.496 cc mungkin bukan yang terbesar di kelasnya karena masih kalah dari mesin Honda BR-V yang mencapai 120 dk.

Namun karakter tenaga dan torsi besar yang sudah bergeliat dari putaran rendah membuat Terios handal menghadapi beragam tanjakan dengan beban penuh.

Faktor ground clearance juga membantunya menangani beragam medan.

Punya jarak terendah 220 mm (22 cm) dari permukaan tanah, peserta yang diantar dengan Daihatsu Terios gak takut mobilnya nyangkut atau mentok saat menghadapi ceruk dan gundukan tanah.

Ground clearance 220 mm membantu Terios menangani beragam medan
Trybowo Laksono
Ground clearance 220 mm membantu Terios menangani beragam medan

Sementara kapasitas 7 penumpang, memungkinkan bangku baris ketiga dilipat dan beralih jadi kargo luas untuk menampung barang bawaan peserta.

Termasuk di antaranya ragam baju salin, logistik, dan alat-alat peliputan seperti kamera dan laptop.

Inilah yang menjadi esensi dari petualangan Daihatsu Terios 7 Wonders, mengeksplorasi dan menikmati eksotisme alam Indonesia sekaligus ajang pembuktian Daihatsu Terios sebagai kendaraan yang bisa diandalkan di beragam medan.

Editor : Trybowo Laksono

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa