Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Rencana AHM Soal Kehadiran Produk Motor Listrik Honda di Indonesia

Muhammad Farhan - Rabu, 14 September 2022 | 20:13 WIB
Rencana produk motor listrik Honda global
AHM
Rencana produk motor listrik Honda global

GridOto.com - Sambut era elektrifikasi kendaraan, AHM umumkan rencana roadmap produk motor listrik untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen.

Hal ini tentunya dalam rangka mewujudkan misi realisasi netralitas karbon motor Honda sekaligus mendukung kebijakan pemerintah Indonesia soal motor listrik.

Secara global, pabrikan motor Honda akan menghadirkan 10 model motor listrik pada tahun 2025.

Model motor listrik yang direncanakan bakal hadir didominasi model skutik, sisanya ada mini trail dan model sport.

Sebab dalam lima tahun kedepan, Honda Motor Co. menargetkan penjualan 1 juta unit sepeda motor listrik dan mencapai 3,5 juta pada 2030.

Selain berkomitmen mempercepat untuk fokus di motor listrik, Honda juga tetap terus melanjutkan pengembangan mesin pembakaran internal (ICE).

Turut mendukung kebijakan Honda global, AHM juga sebelumya telah memproduksi motor listrik Honda PCX Electric sejak 2019 di pabrik Sunter, Jakarta Utara.

Honda PCX Electric sendiri dilengkapi dua unit baterai portable (Honda Mobile Power Pack), dapat diisi ulang lewat mekanisme swap dan on board charging.

Sebagai produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, AHM berupaya terus mengurangi emisi CO2 pada sepeda motor berbahan bakar (ICE).

Honda PCX Electric dengan mobil battery station
AHM
Honda PCX Electric dengan mobil battery station

Baca Juga: Bocor, Kakak Honda CB150X Siap Hadir, Ini Dia Transalp 2023 Sekilas Mirip CB500X

President Director AHM Keiichi Yasuda mengatakan saat ini tren kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik semakin menguat, termasuk di Indonesia.

“Kami sudah bekerjasama dengan berbagai pihak dalam riset dan pengembangan motor listrik dan infrastruktur pendukungnya, termasuk dalam rantai bisnis baterai,"

"Paling lambat akhir tahun ini, kami akan menginformasikan strategi dan roadmap bisnis sepeda motor listrik Honda di Indonesia,” ujar Yasuda.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan akan menindaklanjuti kebijakan pemerintah tentang kendaraan listrik.

“Dukungan kami sangat penuh terhadap pemerintah dalam mewujudkan percepatan program kendaraan bermotor listrik,"

Honda PCX Electric
Rizky
Honda PCX Electric

"Kami ingin dapat segera memberikan motor listrik berkualitas, aman buat konsumen, dan dukungan layanan purna jual terbaik seperti yang telah kami implementasikan selama ini,” ungkap Loman.

Setelah meluncurkan Honda PCX Electric di tahun 2019, AHM mengembangkan studi bersama berbagai pihak dalam ekosistem motor listrik.

Seperti kerjasama dengan HEIN (PT HPP Energy Indonesia) dalam pengadaan infrastruktur pertukaran baterai.

Selain itu, AHM juga menawarkan skema bisnis Honda PCX Electric berupa penyewaan kepada perusahaan dalam mendukung operasional bisnis di berbagai lini atau business to bussines (B2B).

Baca Juga: Bikin Penasaran, Astra Honda Motor Sebar Undangan Pengenalan Motor Baru, Kira-kira Apa Ya?

Beberapa perusahaan dan institusi yang melakukan kerjasama antara lain Grab, Gojek, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, dan beberapa perusahaan untuk mendukung aktivitas.

Sayangnya memang Honda PCX Electric sendiri hingga kini belum dijual atau tersedia untuk pemakaian perorangan.

Nah kira-kira motor listrik Honda seperti apa yang bakal hadir dan dijual oleh AHM di Indonesia ya?

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa