Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Homologasi FIA Sirkuit Mandalika Masih Berjalan, Simulasi Komputer Bolak-balik Dilakukan

Naufal Shafly - Rabu, 7 September 2022 | 20:45 WIB
Ilustrasi sirkuit Mandalika
instagram.com/gtworldchallengeasia
Ilustrasi sirkuit Mandalika

GridOto.com - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) tengah melakukan homologasi FIA sirkuit Mandalika, agar bisa dipakai untuk menggelar balapan mobil.

Menurut Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, saat ini proses homologasi FIA sirkuit Mandalika masih terus berjalan.

Pria yang akrab disapa Andi ini mengatakan, MGPA sudah mengirimkan dokumen lengkap sebagai syarat homologasi FIA sirkuit Mandalika.

"Homologasi itu kan enggak langsung dijawab ya. Jadi kami mengirimkan dokumen-dokumen dari segi gambar 2D, 3D, lebar sirkuit, pokoknya detail lainnya," ucap Andi, Selasa (6/9/2022).

Ia menambahkan, dokumen tersebut juga sudah diperiksa oleh FIA, dan telah diuji coba melalui simulasi menggunakan software komputer.

Hasil simulasi tersebut nantinya akan menjadi acuan untuk pembenahan sirkuit Mandalika, agar sesuai dengan standar FIA grade 2 yang diincar MGPA.

"Ini sedang dijalankan dengan FIA, jadi komunikasinya itu bolak-balik, enggak hanya sekali dimasukin ke komputer lalu hasilnya keluar," kata Andi.

"Jadi dari misalnya dari mereka bilang untuk grade 2 di tikungan sekian kurang lebar, nanti selanjutnya kami bikin gambar desainnya yang lebih lebar sesuai petunjuk mereka, lalu nanti sama mereka disimulasikan ulang. Jadi begitu terus prosesnya sampai mereka bilang oke," sambungnya.

Andi mengatakan, salah satu tantangan dalam proses homologasi ini adalah menyelaraskan kebutuhan grade 2 FIA dengan standar grade A FIM.

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah Shell Eco-marathon, Sirkuit Mandalika Jadi Arena Adu Hemat Energi

Hal tersebut perlu dilakukan agar status grade A sirkuit Mandalika tidak hilang, sehingga tetap bisa menyelenggarakan balap motor seperti MotoGP dan WSBK.

"Keduanya harus kami atur sedemikian rupa supaya FIM grade A dapat, FIA grade 2 juga tetap dapat. Jadi kami masih komunikasi terus dengan FIM dan FIA," tutup Andi.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa