Quester Euro 5 Diklaim UD Trucks Sanggup Tenggak Biosolar B30, Perlu Perawatan Khusus?

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 20 Agustus 2022 | 13:05 WIB
UD Trucks Quester Euro5
Vedhit/GridOto.com
UD Trucks Quester Euro5

GridOto.com - PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) memperkenalkan empat model baru Quester UD Trucks dengan standar Euro 5, dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Adapun keempat model tersebut Quester Euro 5 GKE 280, Quester Euro 5 CDE 250, Quester 5 GWE 410 dan Quester Euro 5 GWE 350.

Menariknya, Quester Euro 5 ini sanggup menggunakan bahan bakar biosolar B30, karena disematkan sistem selective catalytic Reduction (SCR).

Cara kerja dari sistem SCR cukup simpel, yaitu bekerja sama dengan AdBlue yang merupakan cairan untuk mengurangi NOx yang dihasilkan oleh mesin diesel.

Head of Competence Development dari PT UD Astra Motor Indonesia, Ali Rachman, pun mengatakan sistem tambahan ini diklaim tidak perlu perawatan khusus.

"Perawatan sama seperti Euro 3, Tapi kalau SCR yang perlu diperhatikan ketersediaan AdBlue jangan sampai kosong," ujar Ali kepada wartawan di Tangerang, Kamis (18/08/2022).

Teknologi SCR pada Quester Quester UD Trucks Euro 5.
Muslim/GridOto.com
Teknologi SCR pada Quester Quester UD Trucks Euro 5.

Ali melanjutkan, saat AdBlue habis maka akan muncul Machine Indicator Lamp (MIL) di dalam instrument cluster, dan mesin masih bisa berjalan normal selama 50 jam.

Apabila dibiarkan kosong torsi akan berkurang 40 persen, hanya saja kalau terus dibiarkan bisa merusak komponen yang ada di sistem SCR.

"SCR ada filter di dalam silencer, dia tidak ada perawatan selama Adblue disuplai. Kalau enggak diisi-isi bisa tetap jalan cuma lama-lama rontok," jelas Ali.

Baca Juga: Pakai Sistem SCR, UD Trucks Quester Euro 5 Diklaim Masih Sanggup Pakai Bahan Bakar Biosolar B30

Adapun konsumsi AdBlue tiga sampai lima persen dari pemakaian solar, yang mana sekali pengisian AdBlue setara dengan empat kali pengisian solar penuh.

Dengan perhitungan bahwa kapasitas tangki bahan bakar Quester 5 adalah 315 liter, sementara tangki AdBlue berisi 50 liter.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa