Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Wejangan Bengkel Spesialis Sebelum Beli Suzuki SX4 Bekas, Wajib Perhatikan Bagian Ini

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 30 Juli 2022 | 19:47 WIB
Suzuki SX4 2007
Dok. OTOMOTIF
Suzuki SX4 2007

GridOto.com - Jangan cuma tergiur harga murah, bengkel spesialis beri jurus jitu bagian apa saja yang harus diperhatikan saat ingin membeli Suzuki SX4 bekas.

Suzuki SX4 generasi pertama bisa menjadi pilihan menarik, buat yang menginginkan sebuah crossover dengan budget mulai di bawah Rp 100 jutaan.

Di pasar mobil bekas, Suzuki SX4 lansiran 2007 sampai 2011 kini bisa dipinang mulai Rp 70 juta sampai Rp 115 juta tergantung tipe dan kondisi unit.

Meski harganya sudah terjangkau, ada baiknya sobat mengetahui bagian apa saja yang harus diperhatikan menurut bengkel spesialis.

Hal tersebut perlu diperhatikan agar tidak merugi karena mendapat kondisi yang kurang baik atau tidak sesuai harapan.

Menurut owner bengkel Spesialis Suzuki Ari Motor di BSD Autoparts, Tangerang Selatan, Wahri, bagian pertama yang harus diperhatikan adalah mesin.

"Pengecekan standar seperti ada kebocoran oli, bekas overheat atau tidak, lalu bagian matiknya karena mulai banyak yang kena," ujar Wahri kepada GridOto.com, Jumat (29/07/2022).

Wahri melanjutkan, cara simpel mendeteksi matik Suzuki SX4 yang kurang sehat yaitu tarikan mulai lemot atau tidak responsif.

"Kemudian perpindahan gigi agak telat penyakitnya itu misal di 2.000 rpm sudah pindah, ini di 3.000 rpm baru pindah," jelas Wahri.

Baca Juga: Seken Keren - Penyakit Ini Sering Menghantui Suzuki SX4, Waspada Komponen Ini Bermasalah Bisa Overheat

Sebagai bahan pertimbangan, sobat juga dapat membawa unit Suzuki SX4 incaran ke bengkel untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

"Cek di bengkel bisa, pengecekan tergantung permintaan tes jalan dan general check up kalau tidak ada pembongkaran tidak dikenakan biaya," pungkasnya.

Sekadar informasi, Suzuki SX4 mengaspal Indonesia pada 2007 silam didatangkan secara utuh atau completely build up (CBU) dari Jepang.

Beralih ke sektor dapur pacu, Suzuki SX4 dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc 4-silinder DOHC berkode M15A dengan teknologi VVT.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 100 dk dan torsi 133 Nm, dipadukan dengan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan ke penggerak depan. 

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa