Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tambah Investasi Rp 10 Triliun di Indonesia, Mitsubishi Segera Luncurkan Mobil Listrik Baru

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 27 Juli 2022 | 10:10 WIB
Mitsubishi Minicab-MiEV
Rayhan Haikal/GridOto.com
Mitsubishi Minicab-MiEV

GridOto.com - Mitsubishi Motor Corporation (MMC) bakal menambah investasi sebesar Rp 10 triliun dan meluncurkan kendaraan listrik baru Minicab-MiEV di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan kunjungan kerja dan pertemuan dengan CEO MMC Takao Kato, di Tokyo Jepang.

"Sampai saat ini MMC telah menginvestasikan Rp 11,3 triliun hingga akhir 2021 untuk seluruh pabrik MMC di Indonesia. Targetnya, MMC akan menginvestasikan sekitar Rp 10 triliun mulai 2022 hingga 2025," ujar Airlangga dalam keterangan tertulisnya," Selasa (26/07/2022).

Airlangga mengungkapkan, Indonesia merupakan pangsa besar bagi Mitsubishi bahkan dibandingkan dengan pasar Jepang sendiri.

Sehingga, MMC mendiversifikasi produk mereka setelah 2023 akan berfokus memproduksi model mobil jenis xEV terdiri Xpander dan Pajero Sport, serta memproduksi dua model kendaraan baru electric vehicle (EV) mulai 2024.

Dalam pertemuan tersebut, CEO MMC juga meminta Pemerintah Indonesia untuk memberikan insentif terkait ekspor produk mereka.

"Sebenarnya dari sisi besaran pajak, Indonesia tidak kalah bersaing dengan negara lain, contohnya Thailand. Namun, karena ada besaran perbedaan pajak daerah, maka terkesan pajak di Indonesia lebih tinggi. Ini yang sedang kita kaji di pemerintah pusat," jawab Airlangga.

MMC sejak mendirikan Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) pada 2018 terus meningkatkan jumlah ekspor dan menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor.

Adapun saat ini MMKI sedang mempersiapkan ekspor produk ke Australia, sehingga pada 2022 menjadi 40 negara tujuan ekspor.

Baca Juga: Percepat Akselerasi Era Mobil Listrik, Mitsubishi Minicab-MiEV Digunakan Untuk Sektor Logistik

Serta jumlah ekspornya diperkirakan akan mencapai 72 ribu unit pada 2022 dan ditargetkan 98 ribu unit pada 2024.

Selain itu, MMC sedang mengadakan pilot project untuk menggunakan BEV secara komersial dengan empat perusahaan.

"Pemerintah menyambut baik rencana MMC berkolaborasi dengan PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek dan DHL Supply Chain Indonesia untuk menggunakan kendaraan jenis Minicab-MiEV secara komersial," kata Airlangga.

Mitsubishi telah mulai melakukan pilot study untuk penggunaan BEV secara komersial dengan keempat perusahaan tersebut, dan saat ini sedang mencari penggunaan yang cocok dari Minicab-MiEV ini.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa