Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motoprix Seri 3 Bakal Digelar di Sirkuit Sentul Karting, Ada 18 Kelas dengan Motor 4-tak hingga 2-tak Dilombakan

Harun Rasyid - Jumat, 15 Juli 2022 | 21:20 WIB
Konferensi pers balap Motoprix putaran 3 yang akan berlanhsung di Sirkuit  International Karting Circuit (SIKC), Bogor, Jawa Barat.
Harun/GridOto.com
Konferensi pers balap Motoprix putaran 3 yang akan berlanhsung di Sirkuit International Karting Circuit (SIKC), Bogor, Jawa Barat.

GridOto.com - Kejuaraan nasional (Kejurnas) balap roda dua Motoprix seri 3 akan segera berlangsung 30-31 Juli 2022 di Sirkuit Sentul International Karting Circuit (SIKC).

Sebelumnya, Motoprix seri 3 pada region tersebut sukses digelar di Surabaya sebagai putaran pertama dan putaran kedua yang digelar di Sirkuit Mijen, Semarang.

Motoprix seri 3 untuk region B ini akan diikuti para peserta dari wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Supriyono, Kabid Roda 2 Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI yang sekaligus merangkap sebagai penyelenggara Motoprix seri 3 Sentul mengatakan, gelaran ajang balap nasional tersebut diharap bisa menjadi tempat pembuktian para pembalap berbakat di Tanah Air.

"Saya harap Motoprix dapat menjadi wadah pembalap-pembalap daerah untuk membuktikan kualitas balap mereka di kancah balap nasional sampai ke internasional," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (15/7/2022).

Di kesempatan yang sama, Dody Irawan selaku Sekretaris Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta menyebut, kehadiran Motoprix dinilai sangat positif khususnya untuk mengasah skill para pembalap lokal dari berbagai wilayah.

“Kesempatan ajang balap Motoprix yang dari Sabang sampai Merauke ini, seharusnya bisa menjadi ajang pembuktian pembalap dan tim-tim daerah untuk menjadi tim papan atas yang bertaraf International," ungkapnya.

"Dengan adanya Grand Final dari seluruh Region di Indonesia, maka akan tersaring pembalap-pembalap yang mumpuni,” sambung Dody.

Lebih lanjut, Motoprix putaran 3 regional B ini akan melombakan 18 kelas yang terdiri dari 5 kelas kejurnas dan 13 supporting class.

Baca Juga: Baru Terungkap, Dani Pedrosa Mengaku Belajar Banyak dari Casey Stoner di Balap MotoGP

Selain itu, satu kelas kejurnas akan di isi oleh kelas wanita MP5 (matic).

Berikutnya, supporting class dalam Motoprix memiliki satu kelas AIR Junior Talent AP10 yang merupakan kelas pembibitan dan pembinaan bagi riders belia usia di bawah 10 tahun.

Pembalap di kelas tersebut, dipastikan menggunakan motor yang telah disesuaikan dengan menggunakan ban ring 10 inch dan dimensi frame yang kecil (minisport).

Selain AIR Junior Talent AP10, Motoprix juga mempertandingkan 7 kelas pada supporting class yang akan menarik mata para penggemar Vespa.

Kelas balap Vespa tersebut yaitu Vespa 4 tak 160 cc dan 6 kelas untuk Vespa 2 tak.

Kelas Vespa di Motoprix kabarnya memiliki beberapa motor yang dibangun khusus untuk balap, dan sifatnya juga masih prototype dengan mesin khusus hingga mekanik yang didatangkan dari Italia dan negara lainnya.

Motoprix region B Seri ke 3 di gelar di Sirkuit Karting Sentul
Dok Motor Plus
Motoprix region B Seri ke 3 di gelar di Sirkuit Karting Sentul


Sementara itu, Motoprix seri 3 region B ini juga memiliki satu kelas yang mewadahi animo anak-anak komunitas untuk ikut serta.

Kelasnya yaitu Matic Pemula Com D-Event yang sebelumnya sudah dikenal sebagai ajang balap komunitas di Sirkuit Sentul.

Tapi yang diklaim menyedot perhatian penonton dalam Motoprix seri ini adalah kelas para raja yakni Super Pro 140 cc 2T Open.

Baca Juga: Demi Mendidik Bibit Baru, Drifter Nasional Sampai Gelar Event di Bali

Kelas ini cukup menjadi perhatian karena motor yang digunakan kebanyakan Yamaha RX-King dengan nilai hadiah yang mencapai Rp 10 juta untuk juara satunya.

Sebagai informasi, Motoprix seri 3 region B diselenggarakan oleh ECR&K yang merupakan promotor balap skala nasional.

Nah untuk para penggemar balap, jangan sampai ketinggalan acaranya yang berlangsung akhir Juli ini di sirkuit tersebut.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa