Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waduh, Survei KNKT dan MTI Sebut Motor Matic Kurang Aman di Turunan Panjang, Pernah Kasih Imbauan tapi Diprotes

Harun Rasyid - Jumat, 17 Juni 2022 | 19:20 WIB
Ilustrasi riding dengan motor matic
Salim/Gridoto.com
Ilustrasi riding dengan motor matic

GridOto.com - Kemudahan berkendara tanpa harus menekan kopling dan mengoper gigi, menjadi salah satu keunggulan dari motor matic.

Selain itu motor matic yang ada di pasaran juga memiliki kubikasi mesin yang beragam, mulai dari 110 cc sampai 250 cc ke atas.

Hal ini membuat motor matic cukup dapat diandalkan untuk melintasi berbagai medan jalan, termasuk saat melibas tanjakan.

Namun Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bersama Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI,) menilai motor matic terbilang kurang aman untuk jalanan menurun yang panjang.

Djoko Setijowarno, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, menyebut pihaknya dan KNKT sempat melakukan survei tentang peningkatan keselamatan pengguna jalan dan pencegahan kecelakaan pada ruas jalan.

Lokasinya berada di Jalan Bandungsari-Salem (Gunung Lio), Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

"Dari hasil survey, seringkali terjadi kecelakaan pada motor yang mayoritasnya bertransmisi otomatis. Sebab engine brake motor matic kurang optimal dalam mengurangi kecepatan saat kendaraan melintasi turunan panjang," ujarnya dalam rilis resmi MTI, Jumat (17/6/2022).

Ilustrasi motor matic saat melewati medan jalan yang curam
Putra/GridOto.com
Ilustrasi motor matic saat melewati medan jalan yang curam


Kemudian dari hasil survei KNKT di 2020, ditemukan banyak kecelakaan motor yang mengakibatkan banyak korban jiwa di lokasi tersebut.

"Selama kurang lebih satu tahun telah terjadi kecelakaan motor di ruas jalan Gunung Lio yang mengakibatkan 13 orang meninggal dunia, dan 95 persen di antaranya menggunakan motor matic," sebut Djoko.

Baca Juga: Kebiasaan Sepele Ini Jadi Penyebab Rem Motor Matic Blong di Turunan

Kecelakaan motor matic di turunan, dilaporkan juga terjadi di wilayah lainnya seperti Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Probolinggo, Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen di Banyuwangi, Pendakian Gunung Buthak di Malang, hingga Taman Wisata B-29 di Lumajang.

"Di beberapa tempat tersebut sebenarnya pemerintah daerah setempat telah memasang spanduk berisi larangan menaiki gunung dengan motor matic. Tapi pemasangan spanduk tersebut mendapat protes dari masyarakat yang menginginkan bepergian naik turun gunung menggunakan motor matic," terang Djoko.

Protes tersebut, berujung pada penurunan spanduk peringatan soal bahaya menggunakan motor matic di kawasan tersebut.

Lebih lanjut, KNKT kini telah mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak terlalu memaksakan penggunaan kendaraannya.

Artinya gunakanlah kendaraan sesuai dengan fungsi dan kemampuan yang dimiliki, sebab berkendara dengan baik adalah kunci utama keselamatan.

Sebagai catatan, MTI juga menyatakan bahwa setiap kendaraan yang dirancang oleh pabrikan memiliki kegunaan yang harus disesuaikan dengan maksud dan tujuannya masing-masing.

Ilustrasi pelatihan safety riding
Dok. Astra Honda Motor
Ilustrasi pelatihan safety riding


Jadi demi meminimalisir kejadian serupa terulang, MTI menyarankan agar diadakannya sosialisasi safety riding terkait penggunaan motor bertransmisi otomatis oleh kementerian terkait.

"Sedangkan untuk pabrikan atau industri motor, selain memberikan buku manual pemeliharaan kendaraan juga diterbitkan buku panduan keselamatan berkendara," tutup Djoko.

Wah bagaimana sob tanggapannya, apakah kalian pernah kesulitan mengendalikan motor matic saat melewati turunan yang curam maupun panjang?

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa