Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Masalah Kelistrikan Kawasaki KLX 150, Dari Soket Berjamur sampai Aki Mudah Lemah

Harun Rasyid - Minggu, 12 Juni 2022 | 18:05 WIB
Ilustrasi Kawasaki KLX 150 tipe BF SE bekas
Harun/GridOto.com
Ilustrasi Kawasaki KLX 150 tipe BF SE bekas

GridOto.com - Seiring usia dan pemakaian, Kawasaki KLX 150 lansiran 2015 hingga saat ini bisa mengalami masalah di bagian kelistrikannya.

Agung Agustian, owner bengkel Abah Custom di Jakarta Timur mengatakan, masalah kelistrikan Kawasaki KLX 150 disebabkan oleh bagian soket-soketnya yang berjamur.

"Masalah ini cukup sering terjadi. Biasanya soketnya berjamur, ini dialami KLX 150 yang sering hujan-hujanan dan off-road. Efeknya, pengisian akinya jadi terganggu sehingga mudah melemah," ujarnya kepada GridOto.com, Minggu (12/6/2022).

Menurut Agung, penyelesaian masalah tersebut perlu pengecekan di beberapa komponen kelistrikan motor trail 150 cc tersebut.

"Kami akan cek dulu, misalnya dari soket lalu ke kiproknya. Standarnya output akinya ini 12 volt atau bisa lebih. Tapi jika di atas 14 volt itu sudah overcharge dan bisa bikin aki rusak hingga masalah di kiproknya," ungkapnya.

Berikutnya, pengecekan di bagian sepul dan CDI juga akan dilakukan demi mengetahui output listriknya masih bagus atau tidak.

"Jenis kelistrikan KLX 150 ini sudah full DC, jadi aki ini penting banget untuk pengapiannya. Selain sepul, CDI juga dicek. Standarnya tidak boleh di bawah 11 atau 10 volt, kalau di bawah itu CDI bisa rusak," kata Agung.

Tapi ia menyebut, pemilik KLX 150 jangan langsung terburu-buru untuk mengganti aki yang lama dengan yang baru.

Sebab aki ini perlu dicek dahulu dari karakter pengisiannya.

Baca Juga: Seken Keren - Jangan Sampai Menyesal, Cek Bagian Ini Sebelum Beli Kawasaki KLX 150

"Aki kalau dicek pengisiannya lambat, berarti input listriknya sudah kurang. Tapi kalau volt naik terlalu cepat, berarti akinya bermasalah," ucap Agung.

"Jadi normalnya, aki yang dicas satu jam dari habis itu sudah full. Kalau sudah gak normal, aki perlu ganti," tambahnya.

Bengkel Abah Custom di Jakarta Timur
Harun/GeidOto.com
Bengkel Abah Custom di Jakarta Timur


Untuk biaya pengecekan kelistrikan Kawasaki KLX 150 secara keseluruhan, ongkos jasanya dibanderol Rp 200 ribuan.

Sedangkan jika aki KLX 150 perlu diganti, bengkel yang biasa menangani berbagai motor trail ini biasa memakai Yuasa YTZ7 atau YTZ8 12 volt seharga Rp 300 ribuan.

Abah Custom

Jl. Damai No.3, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur

Telp: 081310741884

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa