Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Biar Kantong Enggak Bolong, Nih Anjuran Perawatan Matic Toyota Kijang Innova Generasi Kedua

Harun Rasyid - Sabtu, 4 Juni 2022 | 20:28 WIB
Ilustrasi Toyota Kijang Innova bekas tahun 2011
GridOto.com
Ilustrasi Toyota Kijang Innova bekas tahun 2011

GridOto.com - Sobat yang ingin meminang Toyota Kijang Innova bekas tahun 2009-2013 transmisi matic, sebaiknya perlu hati-hati dalam memilih unitnya.

Sebab Toyota Kijang Innova generasi kedua ini, usia tertuanya sudah memasuki 13 tahun.

Dengan usia yang tergolong tidak muda ini, bisa saja performa transmisi matic 4-percepatan Kijang Innova sudah lemah dan kurang responsif saat dikendarai.

Menurut Affan Rasyid Baharuddin, Owner bengkel JM Autoworkz dan Anugerah Motor di Bekasi, matic Toyota Kijang Innova generasi kedua yang bermasalah umumnya disebabkan faktor pemakaian dan kesalahan dalam perawatan.

"Matic yang melemah bisa karena faktor pemakaian yang kurang benar atau cenderung kasar. Misalnya mobil belum 100 persen berhenti, tapi pengemudi sudah oper tuasnya dari D ke R," ujarnya kepada GridOto.com, Jumat (3/6/2022).

Selain itu Affan mengatakan, masalah matic Toyota Kijang Innova dapat disebabkan telat ganti oli transmisi.

"Makanya sebaiknya ganti oli matic-nya jangan telat. Kalau anjuran pabrikan per 40.000 kilometer, tapi karena mobilnya sudah berumur lebih baik ganti paling telat per 25.000 kilometer," katanya.

Lebih lanjut Affan mengungkapkan, perbaikan matic Toyota Kijang Innova generasi kedua yang bermasalah biasanya membutuhkan penggantian sejumlah part.

"Rata-rata ganti solenoid dan sealnya yang sekaligus ganti oli transmisinya. Biaya jasa turun matic ini sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp 7 juta," sebutnya.

Baca Juga: Seken Keren - Toyota Kijang Innova Generasi kedua Masih Menarik, Yuk Kepoin Harganya

Tapi khusus untuk biaya jasa perbaikan matic Kijang Innova lawas di Rp 7 juta ini, berlaku untuk kerusakan yang terbilang parah.

Contohnya, saat mengganti satu gelondong alias datu set transmisi otomatisnya yang sudah rusak.

Nah, harga ganti satu set matic Kijang Innova dalam kondisi bekas atau copotan, umumnya akan memakan budget yang relatif besar.

"Harga satu gelundung matic Innova generasi kedua yang copotan, bisa sekitar Rp 10 juta sampai Rp 15 juta," jelas Affan.

Maka dari itu, ia menyarankan pentingnya perawatan matic Toyota Kijang Innova generasi kedua untuk para pemiliknya.

"Matic Innova ini sebenarnya tergolong bandel dan minim masalah asalkan perawatan dan pemakaiannya bagus. Untuk oli matic-nya biasa memakai spek ATF T-IV dan penggantiannya akan menghabiskan 4 liter atau satu galon oli," jelas Affan.

Bengkel JM Autoworkz dan Anugerah Motor
Dok. JM Autoworkz
Bengkel JM Autoworkz dan Anugerah Motor


Harga oli matic ATF T-IV untuk Kijang Innova generasi kedua, di pasaran berkisar Rp 300 ribu sampai Rp 450 ribu per galon.

"Biaya jasa ganti oli matic, di sini Rp 50 ribu dengan lama pengerjaan setengah jam," tutup Affan yang juga pengguna Innova generasi kedua.

JM Autoworkz dan Anugerah Motor

Jl. Raya Jati Makmur No.43, RT.007/RW.011, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17413
 
Telp: 08170008872

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa