Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sering Disebut-sebut Orang, Ternyata Nama Kijang Innova Reborn Bukan Nama Resmi dari Toyota

Naufal Shafly - Selasa, 31 Mei 2022 | 16:45 WIB
Toyota Kijang Innova Reborn
Dok. Otomotif
Toyota Kijang Innova Reborn

GridOto.com - Toyota Kijang Innova generasi kedua atau yang dikenal dengan nama Kijang Innova Reborn hadir di Indonesia sejak 2015.

Sampai saat ini Kijang Innova Reborn masih dipasarkan dan menjadi salah satu produk andalan Toyota di Indonesia.

Namun, banyak masyarakat yang belum tahu bahwa ternyata Kijang Innova Reborn bukanlah nama resmi dari medium MPV tersebut.

Misalnya saja salah seorang member di grup Facebook 'Innova Reborn Lover', yang mengaku heran kenapa ada embel-embel 'Reborn' pada mobil 7-seater itu.

"Puluhan ribu kilometer jalan tol telah kulalui. Ribuan gerbang tol telah kulewati. Ratusan rest area telah kusinggahi. Tetapi hanya satu hal yang belum saya ketahui tentang Kijang Innova.

Kenapa disebut 'Reborn' atau 'Terlahir Kembali'? Padahal Kijang Innova itu tidak berhenti diproduksi sejak dari awal sampai sekarang."

Begitu penggalan pertanyaan yang ditulis seorang member di grup Facebook Innova Reborn Lover.

Unggahan seorang pengguna Facebook yang mengaku bingung dengan nama Kijang Innova Reborn.
Facebook: Innova Reborn Lover
Unggahan seorang pengguna Facebook yang mengaku bingung dengan nama Kijang Innova Reborn.


Terkait hal ini, Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan penjelasannya.

Menurut Anton, Toyota sebagai pabrikan tidak pernah memberi nama Kijang Innova generasi kedua dengan embel-embel 'Reborn'.

"Pada dasarnya secara brand ataupun corporate kami tidak pernah secara sengaja atau resmi menyebut Kijang Innova Reborn," ucap Anton kepada GridOto.com, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga: Toyota Kijang Innova Diesel, Muat Banyak Harga Mulai Rp 70 Jutaan

"Karena betul, brand Kijang sendiri jalan terus dan tetap diproduksi selama 45 tahun sejak tahun 1977," lanjutnya.

Ia berpendapat, nama 'Reborn' yang disematkan pada Kijang Innova justru hadir dengan sendirinya dari masyarakat Indonesia.

"Penamaan Innova Reborn yang mulai muncul di Kijang Innova generasi saat ini rasanya datang dari market ya, dan kami tetap apresiasi itu, karena artinya ada sebuah kedekatan antara brand kijang dengan masyarakat," jelasnya.

Ia pun mengaku berterimakasih kepada masyarakat, karena nama Toyota Kijang terus melekat dan bahkan memiliki julukan tersendiri di pasar otomotif Indonesia.

"Dulu rasanya juga pernah muncul juga sebutan Kijang Kotak, Kijang Buaya, Kijang Kapsul, dan ada banyak lagi sebutan lainnya," kata Anton.

Anton juga memperkirakan, julukan-julukan tersebut muncul di masyarakat sebagai pembeda antara satu generasi Toyota Kijang ke generasi lainnya.

"Mungkin penamaan Innova Reborn tentu selain apresiasi atas perubahan yang besar sekali sehingga masyarakat butuh penamaan untuk membedakan," lanjutnya.

"Buat kami juga merupakan apreasiasi atas perubahan yang artinya di persepsi baik dan berbeda dari generasi Kijang Innova sebelumnya," tutupnya.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa