Seken Keren - Terkenal Bandel, Mesin Toyota Kijang Innova Penyakitnya Cuma Karena Salah Perawatan, Ini Solusinya

Harun Rasyid - Sabtu, 4 Juni 2022 | 18:05 WIB
Ilustrasi Toyota Kijang Innova tahun 2011
Otomotifnet.com
Ilustrasi Toyota Kijang Innova tahun 2011

GridOto.com - Toyota Kijang Innova bekas lansiran 2009 sampai 2013, terbilang masih menarik untuk sobat yang menginginkan sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV) berkapasitas tujuh penumpang.

Soal harganya, Toyota Kijang Innova bekas tahun 2009 sampai 2013 dapat dipinang mulai Rp 110 juta hingga Rp 220 jutaan tergantung kondisi dan tipenya.

Apalagi secara kelas, posisi Toyota Kijang Innova sebagai Medium MPV berada di atas Low MPV semisal Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia.

Namun saat meminang unitnya, sebaiknya sobat perlu mengecek kondisi mesinnya secara teliti.

Sebab menurut Affan Rasyid Baharuddin, owner bengkel JM Autoworkz dan Anugerah Motor di Bekasi, Innova lawas ini usia tertuanya sudah mencapai 13 tahun.

Usia tersebut, turut berpengaruh terhadap kondisi mesin Toyota Kijang Innova generasi kedua.

"Penyakit Toyota Kijang Innova generasi kedua ini paling karena usia dan pemakaian. Sebab odometernya rata-rata sudah tinggi, sementara kalau di mesin yang kurang terawat, paling perlu turun mesin (overhoul)," ujarnya kepada GridOto.com, Jumat (3/6/2022).

Affan mengatakan, penyebab mesin Toyota Kijang Innova generasi kedua perlu overhoul biasanya karena kerak-kerak di mesinnya sudah banyak bahkan mengeras, performanya sudah terbilang loyo, dan banyak terjadi kebocoran.

Sedangkan khusus untuk varian mesin bensinnya, mesin Innova yang perlu turun mesin biasanya sudah mengeluarkan asap putih.

Baca Juga: Seken Keren - Toyota Kijang Innova Generasi kedua Masih Menarik, Yuk Kepoin Harganya

"Masalah ini umumnya terjadi pada unit yang mesinnya kurang terawat semisal sering telat ganti oli atau telat servis. Sedangkan kalau perawatannya baik sih enggak perlu turun mesin," sebutnya.

"Selain itu mesin Kijang Innova, baik yang diesel 2.500 cc maupun bensin 2.000 cc juga terkenal bandel," lanjut Affan.

Bengkel JM Autoworkz dan Anugerah Motor
Dok. JM Autoworkz
Bengkel JM Autoworkz dan Anugerah Motor


Untuk biaya turun mesin Toyota Kijang Innova generasi kedua, diperkirakan akan memakan budget jutaan rupiah untuk jasanya.

"Turun mesin yang biasanya diganti itu piston, ring seher, karet-karet atau seal-sealnya. Saat ini biaya jasanya Rp 2,5 jutaan atau lebih," ungkap Affan.

Sedangkan jika dihitung dengan spare part-nya, biaya turun mesin untuk Toyota Kijang Innova tahun 2009 sampai 2013 bisa mencapai Rp 8 juta sampai Rp 10 jutaan tergantung suku cadang yang dipilih.

JM Autoworkz dan Anugerah Motor

Jl. Raya Jati Makmur No.43, RT.007/RW.011, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Telp: 0817-0008-872


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa