Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enggak Cuma Jakarta Saja, Kemenhub Wacanakan Dua Kota Ini Bakal Punya BRT Kayak Transjakarta Lo!

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 2 Juni 2022 | 17:20 WIB
Tak cuma Jakarta, Kemenhub juga akan siapkan sistem, infrastruktur serta armada yang mirip kayak Transjakarta di dua kota lain.
Instagram.com / pt_transjakarta
Tak cuma Jakarta, Kemenhub juga akan siapkan sistem, infrastruktur serta armada yang mirip kayak Transjakarta di dua kota lain.

GridOto.com - Sistem Bus Rapid Transit (BRT) layaknya Transjakarta, bakal diberlakukan di kota lainnya sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas.

Pasalnya dalam wacana yang disiapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), ada dua kota yang akan jadi target penerapan sistem dan infrastruktur yang serupa.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, kedua kota tersebut adalah Bandung, Jawa Barat dan Medan, Sumatera Utara.

Secara umum, BRT adalah berjalan di lajur khusus sebagai the right of way dan ini baru diterapkan di DKI Jakarta.

Artinya, pemerintah membutuhkan dana yang enggak sedikit, untuk merealisasikan penerapan sistem hingga pembangunan infrastruktur di kedua kota tersebut.

Tapi tenang saja, karena Kemenhub sudah mendapatkan fasilitas pinjaman dana sebesar Rp 3,2 triliun dari Bank Dunia untuk merealisasikan wacana ini.

"Selain untuk membangun infrastruktur seperti terminal dan shelter, dananya juga digunakan untuk membeli armada bus dan operasional nantinya," papar Budi dikutip dari Tribunnews.com, Rabu (01/05/2022).

Lanjut menurut Budi, saat ini Kemenhub sudah menganggarkan sebanyak Rp 50 miliar yang dimanfaatkan untuk pengkajian serta mendesain proyek BRT di Bandung dan Medan ini.

Setelah dilakukan kajian dan proses desain, Kemenhum tinggal menunggu dana pinjaman yang turun dari Bank Dunia.

"Setelah dananya diterima maka akan ada perbaikan jalan di Kota Bandung dan Kota Medan, untuk menunjang operasional angkutan bus ini," imbuhnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa