Seken Keren - Panduan Saat Beli Suzuki Ertiga Generasi Pertama, Perhatikan Bagian Ini Agar Tidak Menyesal

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 28 Mei 2022 | 09:00 WIB
Suzuki Ertiga
Dok / OTOMOTIF
Suzuki Ertiga

GridOto.com - Suzuki Ertiga generasi pertama harga bekasnya sudah relatif terjangkau di pasaran, mulai Rp 100 juta sampai Rp 165 juta tergantung tahun dan kondisi unit.

Jika sobat tertarik membeli Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) pesaing dari Toyota Avanza, pastikan melakukan pengecekan secara detail agar tidak menyesal di kemudian hari.

Kira-kira, bagian mana saja yang harus diperhatikan sebelum memboyong Suzuki Ertiga lansiran 2012 sampai 2017 ini ke garasi rumah?

Simak nih jurus jitu dari Jiki Mulyana, Pemilik bengkel Mitra Suzuki Hikmah Jaya Motor di Teluk Pucung, Bekasi Utara.

Pria yang akrab disapa Jiki, mengatakan hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagian bodi untuk memastikan Suzuki Ertiga incaran sobat dalam kondisi bagus.

"Sebelum beli pertama cek fisik kendaraan mulai dari sasis, caranya bisa dilihat bagian kolong-kolongnya ada bekas kecelakaan atau tidak," ujar Jiki kepada GridOto.com, Kamis (26/05/2022).

"Kemudian cek bagian bodi ada bekas cat ulang atau tidak, kalau pernah cat ulang bisa ditanya ke penjual historinya," sambungnya.

Terlepas dari itu, ia mengungkapkan sobat bisa melakukan pengecekan bagian mesin dari Suzuki Ertiga incaran.

"Bagian mesin dengar suaranya, ada bunyi aneh tidak. Lalu ada kebocoran oli atau bisa buka lubang pengisian oli, kalau perawatannya kurang bagus biasanya sudah berkerak," ucap Jiki.

Baca Juga: Seken Keren - Dijamin Kepengin Kabin Luas Muat Sekeluarga , Harga Suzuki Ertiga Generasi Pertama Sekarang Mulai Rp 100 Jutaan

Bila dirasa normal, calon pembeli bisa bergeser ke bagian kaki-kaki mengingat usia Suzuki Ertiga generasi pertama sudah 10 tahun mengaspal di Tanah Air.

Caranya sobat bisa melakukan tes jalan seperti mobil pada umumnya untuk mengatahui apakah ada bunyi-bunyian.

Bagi yang kurang pede melakukan pengecekan sendiri, bengkel Hikmah Jaya Motor juga menerima jasa pengecekan Suzuki Ertiga secara menyeluruh.

"Cek di bengkel bisa, untuk pemeriksaan tanpa pembongkaran biayanya Rp 150 ribu. Kalau dipanggil ke rumah konsumen selagi masih dijangkau dengan bengkel bisa," pungkasnya.

Alamat: Jl. Raya Kp. Irian, RT001/RW029, Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat (0813-8017-1639)


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa