Mejeng di Ajang Pameran ADEXCO 2022 Bali, Kemeperin Ingin AMMDes Go International

Naufal Shafly - Senin, 23 Mei 2022 | 17:05 WIB
Unit AMMDes yang dipamerkan di pameran ADEXCO 2022.
Dok. Kemenperin
Unit AMMDes yang dipamerkan di pameran ADEXCO 2022.

GridOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memboyong Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), dalam helatan Asia Disaster Management & Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) di Nusa Dua, Bali pada 23 hingga 28 Mei 2022.

Menurut Direktur Jendral Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Taufiek Bawazier, AMMDes diboyong dalam pameran tersebut sebagai upaya untuk memperkenalkannya ke kancah internasional.

“AMMDes memiliki beragam fungsi yang dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan produktivitas dan kesehatan masyarakat di desa serta membantu dalam penanganan bencana," ungkap Taufiek dalam keterangan resminya, Senin (23/5/2022).

"Untuk itu, kami berupaya agar kemampuan AMMDes ini lebih dikenal lagi ke banyak negara lain, sehingga bisa menembus pasar ekspor," lanjutnya.

Sementara Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, R. Hendro Martono, mengatakan bahwa sejak pertama kali diluncurkan AMMDes telah banyak membantu masyarakat Indonesia.

Misalnya saja AMMDes penjernih air yang telah dimanfaatkan di wilayah Palu, Sigi dan Donggala saat terkena dampak gempa beberapa waktu lalu.

Kemudian AMMDes pengumpan ambulans telah dimanfaatkan di Kabupaten Lebak, Banten serta tiga kabupaten di Nusa Tenggara Timur, yaitu Timor Tengah Selatan, Sumba Barat Daya, dan Ende.

“AMMDes ambulance feeder ini telah berguna untuk membantu dalam menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi,” imbuhnya.

Bahkan selama pandemi Covid-19 melanda Tanah Air, AMMDes turut berkontribusi membantu pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Keren! Mobil Karya Anak Bangsa ini Disulap Jadi Kendaraan Penyemprot Disinfektan


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa