Bye E-Toll, Jasa Marga Dukung Rencana Pemerintah Pakai MLFF untuk Gantikan E-Toll untuk Bayar Jalan Tol

Harun Rasyid - Jumat, 20 Mei 2022 | 20:45 WIB
Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama
Jasa Marga
Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama

GridOto.com - Sistem pembayaran jalan tol dengan e-toll akan digantikan dengan metode nontunai nirsentuh yang disebut Multi Lane Free Flow (MLFF).

Pemerintah merencanakan sistem pembayaran jalan tol MLFF bakal diujicoba pada akhir 2022, sedangkan untuk penerapannya secara penuh akan dilaksanakan pada 2023.

Penerapan MLFF di jalan tol ini diyakini dapat mengurai kemacetan saat pembayaran di gerbang tol.

Sebab kendaraan tidak perlu berhenti setiap melakukan transaksi karena uang elektronik yang ada di aplikasi otomatis akan berkurang saldonya.

Rencana soal penerapan MLFF untuk bayar tol di masa mendatang ini, telah diketahui Jasa Marga selaku salah satu pengelola jalan tol di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Dwimawan Heru selaku Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero).

"Pada prinsipnya, kami mendukung program pemerintah untuk penerapan MLFF di jalan tol," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Kamis (19/5/2022).

Namun sementara ini, Jasa Marga belum mengetahui hal teknis maupun waktu penerapan MLFF di jalan bebas hambatan tersebut.

"Untuk teknis dan waktu pemberlakuan, hingga saat ini kami masih menunggu kebijakan dari pemerintah," ucap Heru.

Baca Juga: Bayar Tol Tanpa Henti alias Nirsentuh Bakal Berlaku Tahun Ini, Dimana Saja?,

Sebagai informasi, MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang terdapat pada aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Cara kerjanya, GPS akan menentukan lokasi yang dipastikan satelit lalu dilanjutkan dengan proses map-matching di sistem pusat.

Berikutnya saat proses map-matching sudah dilakukan, sistem akan melakukan perhitungan tarif.

Pembayaran jalan tol dengan e-toll akan digantikan sistem nirsentuh MLFF
Fachmi Rahman
Pembayaran jalan tol dengan e-toll akan digantikan sistem nirsentuh MLFF


Dilansir dari Kompas.com, Budi Setiyadi selaku Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengatakan, MLFF yang memungkinkan mobil tidak perlu stop saat bayar tol ini diharap cepat diaplikasikan.

"Saya harap cepat ya karena di beberapa negara sudah diberlakukan. Dengan kecepatan 40 sampai 50 kilometer mobil bisa langsung lewat," ungkapnya.










Editor : Dida Argadea
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa