Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Diperbolehkan Mudik Ternyata Enggak Bikin Penjualan Daihatsu pada April 2022 Melonjak, Ini Penyebabnya

Wisnu Andebar - Kamis, 19 Mei 2022 | 16:56 WIB
Daihatsu All New Xenia
Trybowo Laksono
Daihatsu All New Xenia

GridOto.com - Diperbolehkannya mudik Lebaran tahun ini, tidak serta merta buat penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengalami peningkatan pada April 2022 lalu.

Nyatanya, selama periode tersebut Daihatsu hanya mampu bukukan penjualan retail atau dari dealer ke konsumen sebanyak 15.401 unit.

Padahal pada bulan sebelumnya, raksasa otomotif asal Jepang ini mampu menorehkan penjualan retail sebanyak 16.318 unit.

Menurut Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, penurunan penjualan yang dialami sejatinya tidak sesuai prediksi.

Karena biasanya pasar otomotif akan naik 10 sampai 15 persen satu bulan menjelang Lebaran, terlebih pemerintah telah memperbolehkan mudik untuk tahun ini.

Ia pun menilai kondisi tahun ini cukup berbeda, lantaran ada beberapa faktor yang memengaruhi kondisi pasar pada April 2022 meski mudik sudah diperbolehkan.

"Pertama, karena Maret 2022 itu adalah akhir dari relaksasi PPnBM untuk model selain LCGC, yang ternyata memberikan dampak cukup signifikan terhadap pasar otomotif," kata Hendrayadi saat berada di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (19/5/2022).

Selain itu, hari kerja yang cenderung lebih singkat juga berpengaruh terhadap pasar sehingga menyebabkan penurunan penjualan.

Tidak hanya Daihatsu, secara keseluruhan pasar otomotif nasional juga mengalami penurunan penjualan pada April 2022 lalu.

Baca Juga: Penjualan Daihatsu Januari-April 2022 Catat 62.347 Unit, Simak 3 Besar Model Terlarisnya

Selama periode tersebut penjualan kendaraan roda empat tercatat sekitar 81 ribu unit, atau turun sembilan persen dibandingkan Maret 2022 sebanyak 89 ribu unit.

"Kami bersyukur, penurunan penjualan Daihatsu April 2022 masih lebih kecil dari penurunan market, yakni hanya 5,6 persen dengan pangsa pasar 18,9 persen," papar Hendrayadi.

Adapun secara keseluruhan sepanjang Januari hingga April 2022, Daihatsu berhasil mengantongi retail sales sebanyak 62.347 unit.

Perolehan itu naik sebesar 41,8 persen, jika dibandingkan periode yang sama pada 2021 sebanyak 43.983 unit.

Penjualan Daihatsu selama Januari hingga April 2022 didominasi oleh tiga model.

Di antaranya Sigra dengan 15.748 unit, atau berkontribusi 25,3 persen, disusul Gran Max Pick Up 13.812 unit (22,2 persen), dan Xenia 8.422 unit (13,5 persen).

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa