Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada AC Mobil Bisa Rusak Karena Cuaca Panas Terik, Bengkel Spesialis Berikan Penjelasan

Harun Rasyid - Rabu, 11 Mei 2022 | 19:40 WIB
Ilustrasi kisi AC Mobil
Radityo Herdianto / GridOto.com
Ilustrasi kisi AC Mobil

GridOto.com - Cuaca panas terik terasa di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir di musim kemarau kali ini.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu dalam sepekan terakhir pada 1 hingga 7 Mei 2022 mencapai 33 sampai 36,1 derajat celcius.

Selain itu, dari prakiraan BMKG rata-rata wilayah DKI Jakarta memang sudah memasuki musim kemarau sejak April 2022 lalu.

Bicara dari sisi berkendara, cuaca panas terik ini dapat memicu kondisi tubuh dehidrasi, karena suhu yang dapat mencapai lebih dari 36 derajat celcius tersebut.

Enggak cuma itu, cuaca panas terik ini juga dapat berpengaruh terhadap komponen di kendaraan, salah satunya AC mobil.

Kepala Cabang bengkel spesialis AC Mobil Rotary Bintaro di Depok, Rully Mardiansyah, mengatakan cuaca panas terik dapat menimbulkan overheat pada mesin mobil.

"Overheat bisa terjadi karena sistem pendingin bermasalah, seperti air radiator mampat dan sebagainya terutama di mobil berusia lima tahun atau lebih. Jika sirkulasi air radiator mampat akan pengaruh ke AC," ujarnya kepada GridOto.com, Rabu (11/5/2022).

Menurut Rully, masalah AC mobil karena tersumbatnya air radiator ini dipicu dari komponen kondensor yang mengalami kebocoran.

"Kalau kondensor bocor, AC bisa mati, jadi perawatan AC mobil memang harus rutin terutama karena cuaca panas ini," sebutnya.

Baca Juga: Anak Mobil Wajib Tahu, Begini Cara Rawat Evaporator AC Mobil

Berikutnya agar mesin mobil terhindar dari overheat, pemilik mobil perlu rutin mengecek air radiator serta sistem pendingin mesin kendaraannya.

Sementara untuk AC mobil, Rully menyarankan agar dirawat setiap enam bulan sekali.

"Anjuran perawatan AC mobil ini berupa pengecekan kondisi freon yang tidak boleh berkurang karena kebocoran, dan penggantian oli kompresor tiap enam bulan," tutur Rully lagi.

"Sedangkan pengecekan sampai penggantian filter hingga seal-seal AC, sifatnya tergantung kondisi dan pemakaian mobilnya," ungkapnya.

Bengkel spesialis AC Mobil Rotary Bintaro Cabang Depok, Jawa Barat.
Harun/GridOto.com
Bengkel spesialis AC Mobil Rotary Bintaro Cabang Depok, Jawa Barat.


Untuk pengecekan kondisi AC mobil hingga penggantian seal-seal tersebut, di Rotary Bintaro tidak dipungut biaya.

Namun jika onderdil pada AC mobil seperti kompresor, oli kompresor, evaporator, hingga receiver dryer perlu diganti, hal ini akan dikenakan biaya yang bervariasi tergantung model mobilnya.

Rotary Bintaro Depok

Jl. Siliwangi no. 12B, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat.

Telp: 081995009800

Editor : Muhammad Ermiel Zulfikar
Sumber : bmkg.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa