Dijual dengan Harga Lebih Murah, Ternyata Ini Kelemahan Karburator KW

Uje - Senin, 23 Mei 2022 | 18:10 WIB
Ilustrasi karburator Yamaha Scorpio
Isal/GridOto.com
Ilustrasi karburator Yamaha Scorpio

GridOto.com - Karburator KW atau imitasi yang banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau tentu punya beberapa kekurangan dibandingkan part asli.

Tapi kenyataannya, saat ini banyak bikers yang mengganti karburator orisinil yang rusak di motornya dengan karbu KW yang harganya lebih terjangkau.

Maklum saja, karena harga karburator KW bisa dijual cuma setengah dari harga karburator orisinilnya.

Ambil contoh harga karburator orisinil untuk Honda BeAT bisa tembus Rp 800 ribuan, sedangkan part KW atau imitasinya hanya Rp 250-450 ribuan saja.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasannya Helm Balap Tidak Ada yang Pakai Double Visor

"Selain mahal sebetulnya part ori keluaran pabrik juga susah didapat karena banyak yang sudah tidak produksi karburator ori," terang Ricard Riesmala mekanik dari A2 Speed di Jl. Joglo Raya No.92, Jakarta Barat

Menurut Ricard, ada beberapa kelemahan yang dimiliki karburator KW atau imitasi jika dibandingkan dengan karburator orisinil.

"Secara kualitas bahan kurang bagus. Contohnya karet vakum dan jarum skep yang kalau dipakai umurnya paling hanya kuat 1-2 tahun dan mulai bermasalah," yakin Ricard.

Selain itu, untuk penyetelan debit bahan bakar dan udara juga lebih sulit mendapatkan settingan yang pas pada karburator KW atau imitasi.

Baca Juga: Benarkah Rantai Motor yang Kendur Bisa Lepas Saat Dipakai? Ini Kata Mekanik


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa