Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bukan Terkena Banyak Air, Ini Arti Istilah Karburator Banjir di Motor

Muhammad Farhan - Kamis, 24 Februari 2022 | 12:10 WIB
Ada pelampung pengendali debit bensin dalam karburator motor
Farhan
Ada pelampung pengendali debit bensin dalam karburator motor

GridOto.com – Bukan karena terkena banyak air, inilah yang dimaksud istilah karburator banjir di motor yang mungkin belum kalian ketahui.

Dibandingkan dengan sistem injeksi, motor karburator memang butuh perhatian dan perawatan ekstra supaya selalu berfungsi normal.

Bukan karena kena air banjir, istilah karburator banjir sendiri umumnya disebabkan karena adanya komponen yang sudah aus.

“Efeknya debit bensin yang masuk ke dalam mangkuk karbu jadi terlalu banyak dan tumpah, makanya dibilang banjir,” jelas Alonso Lee, owner bengkel Too Speed Motor, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga: Ini Penyebab Putaran Mesin Lama Turun di Motor Matic Karburator

Indikasi karburator banjir bisa dilihat dari luar tanpa dibongkar, yaitu karburator tampak basah karena ada rembesan atau tetesan bensin disekitarnya.

Hal tersebut terjadi karena karburator tidak lagi mampu menampung bensin di dalam mangkoknya, sehingga meluap keluar seperti ada kebocoran.

Ilustrasi kran bensin karburator vakum
Istimewa
Ilustrasi kran bensin karburator vakum

“Karburator banjir bisa disebabkan karena jarum pelampung rusak, sehingga bensin yang masuk jadi tidak terkendali,” terangnya.

Selain itu karburator banjir bisa juga disebabkan karena adanya kerusakan dari kran bensin, keduanya rentan terjadi pada motor karburator yang mayoritas kini terbilang berumur.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa