Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakar Safety Komentari Rombongan Sepatu Roda yang Berjalan di Tengah Jalan Raya

Naufal Shafly - Minggu, 8 Mei 2022 | 19:05 WIB
Pengguna sepatu roda berjalan di tengah jalan raya.
Twitter: @pativ7
Pengguna sepatu roda berjalan di tengah jalan raya.

GridOto.com - Rombongan pemain sepatu roda mendadak viral di media sosial karena berjalan di tengah jalan raya Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Dalam video yang diunggah oleh pemilik akun Twitter @pativ7 tersebut, terlihat beberapa orang pemain sepatu roda berjalan dengan formasi berbaris di tengah jalan raya.

Terlihat pula beberapa kendaraan yang diduga kesal dan membunyikan klakson mereka saat hendak mendahului rombongan sepatu roda tersebut.

"Jalanan jkt ini g cukup cm sepeda pleton, skating oleton juga ada. Skating, d jalan raya, rombongan, ngalangin orang, marah kalo diklaksonin, bawa anak2 pula!," tulis pemilik akun Twitter @pativ7, dalam cuitan yang diunggah pada Minggu, 8 Mei 2022 pukul 09.01 WIB.

Menanggapi kejadian ini, Andry Berlianto selaku Instruktur Defensive Driving Global Defensive Driving Consulting (GDDC) turut memberikan komentarnya dari sudut pandang keselamatan.

Menurut Andry, perilaku rombongan sepatu roda tersebut dapat membahayakan diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya.

"Ini sebuah tindakan berbahaya dan dilakukan tidak pada tempatnya," ucap Andry saat dihubungi GridOto.com, Minggu (8/5/2022).

Ia juga menambahkan, pengguna sepatu roda tersebut sangat berpotensi tersenggol atau bahkan tertabrak kendaraan yang lain.

"Pergerakannya bisa berbahaya dan mengundang potensi kecelakaan misalnya tersenggol atau tertabrak kendaraan lain," jelasnya.

Baca Juga: Cegah Kecelakaan di Tanjakan Gemulung Yogya, Polisi Ganjal Mobil dengan Kayu

Rombongan sepatu roda berjalan di tengah jalan raya Gatot Subroto, Jakarta Selatan.
Twitter: @pativ7

Andry juga berpendapat, rombongan sepatu roda tersebut sebaiknya berjalan di lajur paling kiri agar lebih aman dari potensi tertabrak.

"Karena bentuknya yang seperti pejalan kaki, maka posisinya seharusnya benar-benar berada di lajur paling kiri dan tidak melakukan zig-zag di lain lajur," tutup Andry. 

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa