Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mudik Lebaran 2022 Diizinkan, Jasa Marga Bidik Kenaikan Pendapatan Tol Hingga 27,3 Persen

Muhammad Ermiel Zulfikar - Sabtu, 23 April 2022 | 20:15 WIB
Ilustrasi. kepadatan lalu lintas di depan Gerbang Tol Cikampek Utama.
Korlantas
Ilustrasi. kepadatan lalu lintas di depan Gerbang Tol Cikampek Utama.

GridOto.com - Keputusan pemerintah untuk memberikan izin mudik pada Lebaran 2022 ini, diprediksi akan menimbulkan lonjakan jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol.

Bahkan, PT Jasa Marga (Persero) membidik peningkatan pendapatan tol sebesar 27,3 persen selama arus mudik dan balik, atau tepatnya pada H-7 hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Target tersebut didorong oleh faktor peningkatan lalu lintas selama periode arus mudik dan balik, yang diprediksi mencapai total 4,96 juta kendaraan baik yang keluar maupun masuk Jabotabek.

"Angka ini mewakili prediksi lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama, GT Ciawi dan GT Cikupa," ujar Dwimawan Heru, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga dalam siaran pers, Sabtu (23/4/2022).

Heru menambahkan, Jasa Marga juga memprediksi sebanyak 2,56 juta kendaraan yang keluar wilayah Jabotabek pada H-7 sampai dengan H+7 mudik Lebaran tahun ini.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Lebaran tahun lalu, terjadi kenaikan hingga mencapai 80 persen.

"Sedangkan untuk prediksi jumlah kendaraan masuk wilayah Jabotabek pada periode yang sama adalah sebanyak 2,39 juta kendaraan, naik 69,7 persen dari Lebaran 2021," papar Heru.

Enggak cuma itu, peningkatan lalin di empat gerbang tol utama selama periode mudik Lebaran 2022 ini pun cukup signifikan, jika dibandingkan dengan lalu lintas pada periode normal pada November 2021.

Jasa Marga mencatat peningkatan hingga 11,8 persen untuk kendaraan keluar Jabodetabek, serta 4,5 persen untuk kendaraan masuk Jabodetabek selama arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Baca Juga: Asyik! Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Bisa Dipakai Mudik, Beroperasi Secara Fungsional Tanpa Tarif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa