Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengendara Mudah Hilang Konsentrasi saat Berpuasa, Kalau Ada yang 'Sempoyongan' Bolehkah Diingatkan dengan Klakson?

Harun Rasyid - Rabu, 13 April 2022 | 15:45 WIB
Ilustrasi pemotor berkendara di siang hari
GridOto.com
Ilustrasi pemotor berkendara di siang hari

GridOto.com - Pengendara motor dan mobil yang berpuasa di bulan Ramadan tetap perlu menjaga konsentrasi saat berkendara di jalan.

Namun berkendara saat berpuasa bisa saja mengganggu konsentrasi, karena kondisi tubuh sedang lemas hingga mata mengantuk.

Kondisi ini tentu terbilang bahaya dan bisa saja menyebabkan kecelakaan di perjalanan.

Sony Susmana, Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan pengendara yang hilang konsentrasi banyak ia temui di jalan.

"Ini karena secara psikologis kondisi fisik menurun saat berpuasa sehingga pengendara mudah lelah dan mengantuk," ujarnya saat dihubungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

Sony mengungkapkan, pengendara yang kurang konsentrasi saat puasa ini sering terlihat di waktu tertentu terutama pada siang hari.

"Saat siang, saya lihat beberapa pengendara mobil maupun motor yang melaju pelan di tengah jalan maupun di jalur cepat, ini berbahaya," katanya.

Ilustrasi pengemudi memencet klakson
Aries Aditya
Ilustrasi pengemudi memencet klakson


Jika sobat menemui pengendara yang kurang konsentrasi di jalan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar terhindar dari bahaya kecelakaan.

Misalnya pengendara tersebut bisa diklakson pelan-pelan, kemudian setelah menepi bisa diinfokan supaya istirahat sejenak untuk menghindari bahaya kecelakaan.

Baca Juga: 6 Hal Ini Bikin Motoran Saat Puasa Tetap Aman dan Nyaman

Sebab saat berpuasa, penting sekali untuk menjaga kondisi tubuh dengan mengurangi kegiatan di luar rumah atau ruangan yang menguras energi berlebihan.

Selain menjaga kondisi tubuh, usahakan saat sahur mengkonsumsi makanan yang sehat untuk meningkatkan energi dan menjaga badan tetap prima saar berpuasa.

Nah yang tak kalah penting, patuhi juga aturan dan rambu lalu lintas saat berkendara.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa